PENGGUNAAN BAHASA DALAM IKLAN DI TELEVISI ANALISIS PRAGMATIK PADA PESAN PERSUASI
DOI:
https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i03.561Keywords:
analisis pragmatik, iklan, pesan persuasifAbstract
Penelitian ini menganalisis strategi bahasa yang digunakan dalam periklanan di Indonesia melalui suatu pendekatan pragmatik. Penelitian ini mengkaji berbagai iklan televisi dan digital untuk melihat bagaimana bahasa digunakan bertujuan untuk mempengaruhi persepsi konsumen dan mendorong tindakan tertentu. Hasilnya menunjukkan bahwa unsur-unsur tersebut pragmatik, seperti implikatur dan praanggapan, sangat efektif dalam menyampaikan pesan yang persuasif dan memperkuat pesan. daya tarik periklanan bagi konsumen di Indonesia. Hal ini menciptakan hubungan saling ketergantungan antar aktor dunia usaha untuk mendorong semua industri agar lebih aktif, kreatif dan produktif dalam pemasaran produk. Di lapangan pemasaran, kekuatan kreatif dari iklan produk akan faktor yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk itu. Oleh karena itu, para pelaku dunia bisnis Mereka yang ingin memasarkan produknya harus bisa menghasilkan ide-ide yang dapat menarik minat konsumen. Ide-ide menarik dapat disalurkan melalui bahasa. Bahasa yang digunakan adalah tuturan persuasif. Pidato Persuasif berfungsi untuk mempengaruhi konsumen agar melihat lebih mendalam produk yang ditawarkan. Hal ini dapat meningkatkan keuntungan para pelaku industri jika Pidato persuasif mampu membuat konsumen tertarik dan membeli produk.
References
Parera, J. (2021). Bahasa dan Komunikasi Persuasif dalam Iklan Indonesia. Surabaya: Airlangga University Press.
Haryono, A. (2021). "Efektivitas Pesan Persuasif dalam Iklan Digital: Studi Kasus pada Media Sosial." Jurnal Komunikasi Digital Indonesia, 8(1), 112-125.
Mayasari, D. (2019). "Analisis Pragmatik pada Pesan Persuasif dalam Iklan Produk Kesehatan." Jurnal Ilmu Bahasa, 15(1), 66-77.
Cummings, L. (2007). Pragmatik: Sebuah Penelitian Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurjanah, N. (2016). Membedah Relevansi dalam Iklan “WRP”. Jurnal Dialektika, 67-86 Vol. 3 No. 1.
Fawziyyah, S., & Santoso, B. W. J. (2017). Implikatur Percakapan pada Iklan Kosmetik di Televisi: Kajian Pragmatik. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 323-330.
Fawziyyah, S., & Santoso, B. W. J. (2017). Implikatur Percakapan pada Iklan Kosmetik di Televisi: Kajian Pragmatik. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3), 323-330.