https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/issue/feed EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam 2024-02-11T05:40:20+00:00 Mohammad Usman mohammadusmankrp@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>EDUTHINK: Jurnal pemikiran pendidikan Islam</strong> is journal published by the Islamic Education Program, Faculty of Tarbiyah IAI Miftahul Ulum Pamekasan, posted twice a year on April and October. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education . We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education.</p> <p> </p> <p> </p> https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/425 MANAJEMEN GURU MUADALAH DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS BERFIKIR PESERTA DIDIK DI MBI AMANATUL UMMAH PACET-MOJOKERTO 2024-01-19T12:48:15+00:00 Nurul Maftukhah Al Mukarromah maftabdullah@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan menggambarkan bentuk manajemen manajemen guru muadalah dalam meningkatkan kreatifitas berfikir peserta didik di MBI Amanatul Ummah Pacet - Mojokkerto. (2) Untuk mengidentifikasi pelaksanaan manajemen guru muadalah dalam meningkatkan kreatifitas berfikir peserta didik di MBI Amanatul Ummah Pacet - Mojokkerto. (3) Untuk menganalisis manajemen manajemen guru muadalah dalam meningkatkan kreatifitas berfikir peserta didik di MBI Amanatul Ummah Pacet - Mojokkerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Wujud data adalah kata-kata, catatan, laporan dan dokumen yang diperoleh dari pengasuh, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan waktu dan ketekunan pengamatan, teknik triangulasi dan diskusi rekan sejawat, serta menggunakan referensi. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa bentuk manajemen guru muadalah di MBI Amanatul Ummah adalah: manajemen yang ketat dan bertanggung jawab, memprioritaskan usaha pada jangka panjang, menumbuhkan motivasi para pegawai, meningkatkan kemampuan dan kreativitas, dan memberi penghargaan mengevaluasi, perencanaan kembali.Dapat dirumuskan manajemen guru muadalah, dan kreatifitas peserta didik bahwa: manajemen guru muadalah yang baik dapat meningkatkan kreatifitas berfikir peserta didik sehingga berpeluang besar membentuk peserta didik yang mampu berfikir kreatif dengan menumbuhkan ide, menyelesaikan masalah, meriview kembali apa yang disampaikan guru, mencetak calon- calon ulama dimasa yang akan datang dengan unggul utuh dan berakhaqul karimah dan bertanggung jawab sesuai visi- misi lembaga</p> 2024-01-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/423 STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MA DARUL HIKMAH MOJOKERTO 2024-01-19T12:05:00+00:00 M. Mubarok uasmadha@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Darul Hikmah Mojokerto. Serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Darul Hikmah Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala madrasah sangat strategis dalam menentukan arah perkembangan sekolah. Kepala madrasah sangat berkompeten dalam bidangnya dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya. Strategi yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kemampuan mengajar guru, pendayagunaan media dan sarana pendidikan, pelaksanaan supervisi secara rutin, menjalin kerjasama dengan masyarakat dan penerapan disiplin waktu yang ketat, baik bagi guru maupun bagi siswa. Sedangkan Faktor pendukung adalah lingkungan belajar yang kondusif, kerjasama kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan, pendidik yang kompeten dan motivasi guru untuk mendidik muridnya. Adapun faktor penghambat adalah sarana dan prasarana yang belum terpenuhi dan kurangnya realisasi pendapatan dalam RAPBM terutama dalam pemasukan dana wali murid.</p> 2024-01-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/421 MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS TACHFIDZUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TERPADU ALYASINI WONOREJO KABUPATEN PASURUAN 2024-01-19T03:17:59+00:00 Fathurrohman Fathurrohman kangfathur02@gmail.com Ashari Ashari ashari@smpbp-au.sch.id <p>Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam mengenai suatu fenomena, kejadian, peristiwa, dan kegiatan atau aktivitas tertentu guna untuk memperoleh informasi yang mendalam terkait hal tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik Analisi datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi, display dan verifikasi. Sedangkan Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Manajemen kurikulum menghafal alqur’an di Pondok pesantren terpadu alyasini adalah a) Merencanakan Program Tahfidz; b) Menentukan arah tujuan kurikulum tafidz; c) Menetukan Standar Kompetensi Tahfidz; d) Melakukan Promosi Merekrut Warga Belajar Tahfidz; e) Menjalin Kemitraan; f) Menentukan Kurikulum Tahfidz; g) Menyiapkan Instruktur Tahfidz. 2) Faktor-faktor Pendukung manajemen kurikulum menghafal alqur’an terdiri atas dua macam yakni faktor internal seperti yang menjadi visi misi pondok dan faktor eksternal seperti kebutuhan santri itu sendiri yang ingin menjadi tahfidz.</p> 2024-01-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/454 Relasi Agama dan Entrepreneurship (Kajian Islamic Entrepreneurship) 2024-02-11T05:27:12+00:00 Holilurrahman Holilurrahman holilurrahman@gmail.com Rizkia Apriani rizkiaapriani02@gmail.com <p>Sebagai makhluk ekonomi manusia tidak terlepas dari esensinya sebagai makhluk dengan kebutuhan yang tidak terbatas, dalam memenuhi esensi tersebut untuk mendapatkan kepuasan maksimum manusia membangun suatu wirausaha atau yang biasa disebut sebagai <em>entrepreneurship, </em>Namun mirisnya, kegiatan wirausaha khusunya di Indonesia masih banyak tindakan bisnis yang keluar dari syariat atau aturan-aturan agama, seperti tindak kecurangan dalam persaingan bisnis, penipuan, tindak riba dalam perdagangan dan lain sebagainya, padahal pada realitanya agama dan <em>entrepreneurship</em> merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dengan metode penelitian kepustakaan (<em>library research</em>), peneliti menemukan bentuk relasi agama dan <em>entrepereneurship</em> dengan menganalisis konsep <em>islamic entrepreneurship. </em>Hasil penelitian ini menunjukkan agama memiliki keterkaitan erat dengan tingkat kepercayaan dan nilai-nilai yang dimiliki oleh seseorang, dimana nilai tersebut dijadikan pedoman atau acuan dalam menjalani kegiatan <em>entrepreneurship</em>, dalam konsep <em>Islamic entrepreneurship</em> segala al-Qur’an dan Hadits menjadi acuan utama dalam berwirausaha<em>, </em>agama akan mengatur etika bisnis para pengusaha. Selain itu agama juga bisa menjadi motivasi seseorang dalam berwirausaha, dalam konsep <em>islamic entrepreneurship </em>tujuan dari wirausaha tidak hanya untuk medapatkan keuntungan semata, namun juga menjadi jalan menguatkan hubungan<em> hanluminallah dan habluminannas.</em></p> 2024-02-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/411 PEMANFAATAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 3 PANYURAN TUBAN 2024-01-05T11:53:49+00:00 Eka Anggara ekaanggara01@gmail.com Nurul Ngainin Ngainin@gmail.com Ziana Dhurrotul Ainiyah ziana@gmail.com <p>Kepala madrasah sebagai supervisor berperan penting dalam setiap pelaksanaan dan kegiatan yang ada di sekolah, supervisor menjadi penentu kualitas dari seorang guru untuk mengkoordinasi dan membimbing secara berkelanjutan. Untuk meningkatkan profesionalisme guru, supervisor perlu mengembangkan potensi yang dimiliki guru. Peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu dengan membantu guru melaksanakan program supervisi pendidikan. Berdasarkan Latar belakang masalah peneliti diharapkan memberikan jawaban atas rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Panyuran? (2) Bagaimana pemanfaatan supervisi pendidikan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhaammadiyah 3 Panyuran? (3) Bagaimana dampak pemanfaatan supervisi dalam meningkatkan keprofesionalisme guru?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Panyuran. (2) Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan supervisi pendidikan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Panyuran. (3) Untuk mengetahui dampak pemanfaatan profesionalisme guru setelah diadakannya pemanfaatan supervisor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus terhadap data yang telah dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi data dengan membandingkan data hasil instrumen dan observer yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kinerja guru menjadi lebih teratur terlihat dari kehadiran guru yang tertib, supervisor secara langsung memeriksa daftar hadir siswa. (2) Pemanfaatan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru yang ada di MI Muhammadiyah 3 Panyuran dapat dilihat dari evaluasi kinerja guru dan kualitas dari guru tersebut. (3) Pemanfaatan supervisi pendidikan mampu meningkatkan profesionalisme guru, guru menjadi lebih aktif, semangat dan kreatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru sangat baik, dengan cara menyiapkan administrasi dan model pembelajarannya secara lebih tertib dan teratur. Hasil penelitian ini diharapkan bisa dijadikan landasan dalam riset mengenai bidang kajian serupa dalam ruang lingkup yang bervariasi</p> 2024-01-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/452 Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Siswa dengan Tipe Kepribadian Introvert di SMPN I Pragaan, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep 2024-02-11T05:18:15+00:00 Karim Abu bakar karimabubakar333@gmail.com <p>Peran guru bimbingan dan konseling berperan sebagai pendidik, pembimbing, dan juga sebagai motivator untuk peserta didik. Guru mempunyai peran dalam bimbingan dan konseling untuk mengarahkan dan mengembangkan kapasitas siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa dengan tipe kepribadian introvert. Peneliti tertarik dengan penelitian ini dan fokus peneliti adalah bagaimana tipe kepribadian introvert di SMPN I Pragaan, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep dan bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa berkepribadian introvert di SMPN I Pragaan, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan metode analisis data yang digunakan dari tiga yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa dengan tipe kepribadian introvert di SMPN I Pragaan, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep diantaranya: peran guru bimbingan dan konseling berperan sebagai pembimbing, mendidik, dan sebagai motivator bagi siswa introvert. Adapun peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi faktor kepribadian siswa introvert seperti faktor keluarga, teman, pada diri sendiri, dan faktor dibebani tugas. Sedangkan layanan yang diberikan guru bimbingan dan konseling kepada siswa introvert seperti layanan individu atau kelompok, membangun interaksi, <em>public speaking</em>, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengambil keputusan sendiri tanpa ada paksaan dari orang lain</p> 2024-02-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/424 MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWAROH 2024-01-19T12:09:51+00:00 M. Mujabun m.mujabun@gmail.com <p>Manajemen kurikulum bersifat urgen di dalam dunia pendidikan. Manajemen kurikulum memiliki empat prinsip, yaitu: 1) Selain tolak ukur tujuan pembelajaran yang menjadi prinsip mendasar tujuan pendidikan Islam, terdapat pula prinsip demokratisasi, produktvitas, efisiensi dan efektivitas, kooperatif dan mengarahkan pada visi dan misi yang telah ditetapkan di kurikulum pendidikan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan dalam kondisi alamiah (natural setting). Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengungkap bagaimana perencanaan kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam di Pondok PesantrenAl Munawaroh Jombang, 2) Untuk mengungkap bagaimana implementasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam di Pondok PesantrenAl Munawaroh Jombang, 3) Untuk mengungkap bagaimana evaluasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam di Pondok PesantrenAl Munawaroh Jombang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) perencanaan kurikulum dilaksanakan dalam beberapa program kegiatan berikut; a) pengorganisasian subject curriculume (pemetaan materi, buku ajar dan kategori ilmu), b) Penentuan Kalender pendidikan, Pekan Efektif dan kegiatan selama satu tahun, c) Penyusunan Perangkat pembelajaran (silabus, prota, promes dan RPP). 2) Implementasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dilakukan melalui beberapa kegiatan, diantaranya: a) koreksi perangkat pembelajaran, b) pengawasan kegiatan belajar mengajar. 3) Evaluasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dilakukan melalui beberapa kegiatan, diantaranya: a) Evaluasi input; penerimaan santri baru, penyusunan dan perumusan kurikulum, b) evaluasi procces; kegiatan implementasi kurikulum, pengawasan, dan kegiatan belajar mengajar, c) evaluasi output; hasil belajar santri dan prestasi santri.</p> 2024-01-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/422 Strategi Kepala Madrasah Dalam Pemberdayaan Bakat Peserta Didik MTs Taufiqiyatul Asna Kepung Kediri 2024-01-19T12:01:33+00:00 Nanang Hadisiswanto Nananghadisiswanto60@gmail.com Ashari Ashari ashari@smpbp-au.sch.id <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Kemudian untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan deskripsi, langkah interpretasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Faktor pendukung dalam pengembangan bakat minat peserta didik adalah dukungan dari orang tua yang tidak pernah terlepas serta dukungan dari masyarakat dan juga dari sekolah, peserta didik yang mempunyai bakat minat selalu bersosialisasi dengan teman-temannya. Faktor penghambat dalam pengembangan bakat minat peserta didik adalah kurangnya atau minimnya fasilitas sarana dan prasarana digunakan, dari segi pendidikan atau proses belajar mengajar, 2) Strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam pengembangan bakat minat peserta didik adalah memberikan perhatian kepada peserta didik, menjalin kerja sama dengan orang tua peserta didik, membangkitkan semangat belajar, memberikan motivasi.</p> 2024-01-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/420 MANAJEMEN PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA ONLINE TERHADAP EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH SYAMSUL JINAN KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO 2024-01-19T03:14:36+00:00 Zainuddin Zainuddin zainuddinz081@gmail.com Barnoto Barnoto barnoto.ikhac@gmail.com <p>Manajemen pembelajaran melalui media online merupakan pertama kali dalam penelitian ini di MA. Syamsul Jinan yaitu dengan besar dampak positif terhadap pengelola, guru dan peserta didik dalam mencapai efektivitas belajar dalam situasi dan kondisi yang tidak bisa dilakukan pembelajaran secara tatap muka karena disebabkan karena adanya pandemi covid-19 dan situasi darurat lainya yang tidak bisa dilakukan pembelajaran secara tatap muka, yaitu dengan Implementasi manajemen Perencanaan (Planing),&nbsp; Pelaksanaan (Action) dan Evaluasi (Evaluation) sehingga menciptakan suasana belajar baru, aman dari ancaman virus yang mematikan serta pembelajaran tetap dilakukan seperti biasanya tanpa pengaruh dari situasi dan kondisi maupun masa darurat lainya. Selain itu memberikan pengalaman yang baru bagi pengelola, guru dan peserta didik di MA. Syamsul Jinan tentang penggunaan media online yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran karena Wilayah Geografis di MA. Syamsul Jinan terletak didaerah pegunungan yang tentunya tidak sama dengan daerah perkotaan terutama dari kondisi penduduk yang masih belum begitu mengenal tentang pemanfaatan media online sebagai media pembelajaran</p> 2024-01-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/453 IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN PESANTREN DI SMA TAHFIDH AL-AMIEN PRENDUAN 2024-02-11T05:24:04+00:00 Dimas Dwi Purnomo dimaspurnomo409@gmail.com Mohammad Firdaus firdausmohammad404@gmail.com <p>Penelitian ini menjawab persoalan yang muncul di masyarakat dan menunjukkan adanya implementasi nilai-nilai Pancasila di lembaga SMA Tahfidh Al-Amien Prenduan yang berada di bawah naungan pondok pesantren Al-Amien Prenduan.Untuk mengetahui adanya implementasi nilai-nilai Pancasila di SMA Tahfidh Al-Amien Prenduan, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari metode ini, kemudian peneliti olah dan analisis untuk memperoleh data atau informasi. Untuk keabsahan data, peneliti memilih triangulasi dengan du cara yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan bahwasannya penerapan nilai-nilai pancasila di SMA Tahfid Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Indonesia meliputi kegiatan sholat berjama’ah, membaca Al-Qur’an dan do’a bersama sebelum belajar, interaksi sosial dengan senyum, sapa dan salam, penyamarataan perlakuan terhadap santri, dan pengelolaan organisasi RITMA oleh santri. Adapun implikasi nilai-nilai pancasila di SMA Tahfidh Al-Amien Prenduan meliputi dua hal yaitu pada aktivitas santri dan pada lembaga. Implikasi pada aktivitas santri yakni menjadikan santri dalam rajin beribadah, rajin dalam belajar, memiliki jiwa nasionalisme dan rasa tanggungjawab untuk taat pada guru dan aturan lembaga. Sedangkan implikasi pada lembaga yaitu naiknya <em>grea</em>t atau tingkatan lembaga dikarenakan kuantitas hafalan santri, membuat harum semboyan pesantren berdiri di atas dan untuk semua golongan dan adanya organisasi RITMA sebagai penunjang baiknya akreditasi lembaga.</p> 2024-01-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam