TANTANGAN MEDIA SOSIAL ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Keywords:
Era Revolusi Industri 4.0, Media Sosial, Tantangan Bagi Umat Islam di IndonesiaAbstract
Era revolusi industri muncul sejak abad ke- 18, yaitu era revolusi industri pertama (1.0) yang diidentifikasikan dengan perubahan yang sangat besar dan berpengaruh dalam bidang pertanian, transportasi, teknologi, dan manufaktur. setelah itu melewati era revolusi industri kedua (2.0) dan ketiga (3.0), hingga pada akhirnya tiba di era revolusi industri keempat (4.0) yang diaplikasikan pada tahun 2010. Era distrupsi teknologi (4.0) diidentifikasikan dengan pertumbuhan penggunaan internet yang semakin canggih dengan teknologi modern di dalam data sains, robotik, kecerdasan buatan seperti AI, dan lain-lain. Era revolusi industri keempat salah satunya dibuktikan oleh munculnya berbagai macam media sosial. Media sosial memberikan akses kepada seluruh masyarakat untuk mendapatkan informasi, foto atau gambar, dan video melalui jaringan internet yang begitu mudah dan cepat untuk di dapatkan. Era revolusi industri keempat menjadi tantangan bagi umat Islam di Indonesia karena didalam media sosial seluruh masyarakat di dunia dipertemukan dalam suatu aplikasi media sosial. Di dalam media sosial banyak tontonan-tontonan trending yang seharusnya tidak baik dilihat untuk publik. Namun, sayangnya malah menjadi viral dan banyak masyarakat mengikuti trend tersebut. Sehingga membuat banyak orang yang bermaksiat dan memamerkannya di media sosial. Padahal sesungguhnya golongan orang mujahirin atau golongan orang yang melakukan kemaksiatan dan mereka menunjukkan secara terang-terangan kepada publik dan dengan bangganya menceritakan kepada orang lain karena telah menganggap dirinya keren atau menganggap hal tersebut adalah suatu pencapaian, padahal mereka akan mendapatkan dosa yang sangat besar
References
Anwar, S. (2019). Revolusi Industri 4.0: Islam Dalam Merespon Tantangan Teknologi Digitalisasi. Jurnal Studi Keislaman, Vol. 8, No. 2, 26.
Asry, L. (2019). Modernisasi Dalam Prespektif Islam. Jurnal Ilmiah Prodi Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 10, No. 2, 126.
Bali, M. M., & Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sosial dan Keagamaan, Vol. 9, No. 1, 44.
Fadilah, N. (2019). Tantangan dan Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, Vol. 2, No. 2, 70.
Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 Dalam Berbagai Bidang. Medan: Penerbit Guapedia.
Ghufron, M. A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat.
Maslan, D., Mardianto, & Nasution, M. I. (2023). Pendidikan Etika Bermedia Sosial Dalam Prespektif Islam: Antara Dosa Jariyah dan Pahala Jariyah. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 4, No. 2, 156.
Mizanie, D., & Irwansyah. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Kehumasan Digital Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Komunikasi, Vol. 13, No. 2, 151.
Muhammaddin, M., & Yana, S. (2019). Ujaran Kebencian Dalam Prespektif Agama Islam dan Agama Buddha. Jurnal Informasi Akutansi, No. 1, 2.
Nurmadinah, Y. R. (2023). Jejak Digital Salah Satu Penyebab Dosa Jariyah. Artikel Ilmu Kalam.
Pratama, D. A. (2019). Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1, 201-203.
Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Distrupsi 4.0. Bantul, Yogyakarta: Penerbit Genesis.
Schwab, K. (2019). Revolusi Industri Keempat. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, Vol. 6, No. 2.
Wijoyo, D. O. (2023). Analisis Media Sosial Mengenai Isu Indonesia Sebagai Negara Paling Tidak Sopan di Asia Tenggara. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, Vol. 3, No. 1, 2/6.