Pengaruh Metode Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Akidah Akhlak Siswa

Authors

  • Aqilatul Fathinah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan
  • Fathorrahman Fathorrahman Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan

Keywords:

Metode Snowball Throwing, Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Abstract

Setiap guru menghadapi beragam masalah di ruang kelas. Guru yang efektif akan menerapkan model-model ini sekreatif mungkin untuk memecahkan masalah. Model-model pengajaran memberi kesempatan kepada guru untuk mengadaptasikannya dengan lingkungan ruang kelas yang mereka huni. Hanya guru yang kreatif, fleksibel, dan cerdas yang dapat memperoleh keuntungan maksimal dari model-model pengajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode snowball throwing terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII MTs. Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2022-2023 dan seberapa besar pengaruh metode snowball throwing terhadap hasil belajar  materi Akidah Akhlak siswa kelas VII MTs. Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Barat Bluto Sumenep Madura Tahun Pelajaran 2022-2023. Dimana pada penelitian ini peneliti menggunakan semua populasi sebagai sampel yaitu sebanyak 24 siswa/i. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang peneliti gunakan adalah regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS for windows versi 26. Berangkat dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode snowball throwing terhadap hasil belajar Akidah    Akhlak siswa kelas VII MTs. Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2022-2023.  Hal ini karena nilai sig adalah 0.011 yang berarti lebih kecil  (<) dari nilai 0.05. Besar pengaruh metode snowball throwing terhadap hasil belajar  materi Akidah Akhlak siswa kelas VII MTs. Pondok Pesantren Nurulhuda Pakandangan Barat Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep Tahun Pelajaran 2022-2023 adalah 26,1%. Hal ini sesuai dengan out put SPSS pada tabel model summary bahwa nilai R Square adalah 0,261, maka 0,261 x 100 adalah 26,1.

References

Arikunto. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta, 2010.

Aris Shoimin. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2020.

Hardani. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV.Pustaka Ilmu Group, 2020.

Miftahul Huda. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.

Muhamad Doni Sanjaya. “Upaya Peningkatan Implementasi Pendidikan di Era Milenial di Desa Tanjung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol.3, no. 1 (2022).

Muhammad Rristiwan. supervisi pendidikan. Bandung: Alabeta, 2019.

Muhammad Rusli. Metode penelitian kuantitatif dan Kualitatif. prenduan: Paramadani, 2013.

Muhibbin Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: Pt.Raja Grafindo Persada, 2003.

Nana Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2008.

Nanik kusumawati. “pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan snowball throwing terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas IV SDN bondrang kecamatan sawoo.” Jurnal Obsesi (2020).

Om Swastiastu. Mediasi Media Aspirasi Mahasiswa Sosiologi. mediasi, 2018.

Pupuh Fathorrahman. Supervisi Pendidikan. PT. Refika Aditama, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.

———. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2017.

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Fathinah, A. ., & Fathorrahman, F. (2024). Pengaruh Metode Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Akidah Akhlak Siswa . EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 5(01). Retrieved from https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/476

Issue

Section

Articles