Strategi Guru Ngaji Dalam Menanamkan Karakter Religius Santri

Authors

  • Khairun Nasihin Universitas Al-Amien Prenduan
  • Najmi Faza Universitas Al-Amien Prenduan

Keywords:

Guru Ngaji, Karakter Religius

Abstract

Pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi anak (kognitif, fisik, sosial-emosi, kreativitas, dan spiritual). Oleh sebab itu, proses pendidikan pada santri Mushalla Nurul Huda Desa Pakamban Laok Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep tidak hanya berfokus pada ke fasihan santri dalam mengaji, guru ngaji juga menambah  proses penanaman karakter religius pada diri seorang santri yang dilakukan setiap malam, seperti cara saliman yang benar, membaca basmalah sebelum makan, menghormati orang yang lebih tua, cara pelaksanaan shalat dan lain sebagainya. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini meliputi bagaimana Stategi Guru ngaji dalam menanamkan karakter religius Santri di Mushalla Nurul Huda Pakamban Laok dan apa saja faktor pendukung dan penghambat Guru ngaji dalam menanamkan karakter religius santri di mushala Nurul Huda Pakamban Laok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data penelitian adalah sumber data primer berupa data verbal dari hasil wawancara dengan para informan dan data sekunder berupa jurnal, buku dan arsip dari Mushalla Nurul Huda Pakamban Laok. Teknik pengumpulan  data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, strategi guru ngaji dalam menanamkan karakter religius santri di Mushalla Nurul Huda Pakamban Laok dengan menggunakan strategi pendekatan keteladanan, kedisiplinan, pembiasaan dan strategi pendekatan nasihat. Sementara faktor pendukung adalah kerja sama dan motivasi wali santri.

References

Abdullah Nashih Ulwan. Pendidikan Anak dalam Islam. Depok: Fathan Prima Media, 2016.

Anam, Wahid Khoirul. “pembentukan karakter religius siswa di madrasah.” vol.1, no. 1, 2019.

Azzet, Akhmad Muhaimin. Urgensi pendidikan karakter di Indonesia: revitalisasi pendidikan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa. Sleman, Jogjakarta: Penerbit dan distributor, Ar-Ruzz Media, 2011.

Bungin, Burhan. Metode Penelitian Aktualisasi Metodologi Ke Arah Ragam Kontemporer. Jakarta: Grafindo Persada, 2001.

Darmiyati Zuchd. Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktek. yogyakarta: UNY Press, 2011.

Hadi, Imam Anas. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Lembaga Formal.” Jurnal Inspirasi, vol.3, no. 1, 2019.

I Gede Ratnaya. “Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informatika Dan Komunikasi Dan Cara Antisifasinya.” JPTK, UNDIKSHA, vol.Vol. 8, no. No. 1, 1 Januari 2011.

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Moleong, Lexy J. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksaraa, 2016.

Oemar Hamalik. Psikologi Mengajar dan Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru, 1992.

Ratna Megawangi. Pendidikan karakter : solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Jakarta: Heritage Foundation, 2004.

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta, 2017.

Tanto, Octavian Dwi, Hapidin Hapidin, dan Asep Supena. “Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol.3, no. 2, 16 Juni 2019.

W Creswell, John. Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Nasihin, K. ., & Faza, N. . (2024). Strategi Guru Ngaji Dalam Menanamkan Karakter Religius Santri. EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 5(01). Retrieved from https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/475

Issue

Section

Articles