KECEMERLANGAN KARAKTER TOKOH UTAMA AKIBAT LINGKUNGAN DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI (Kajian behaviorisme Skinner)

Authors

  • Achmad Mudani Universitas Madura
  • Fariki Wahyudi Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.474

Keywords:

Kecemerlangan Karakter, Lingkungan, Novel

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kecemerlangan karakter tokoh utama dalam Novel Negeri 5 Menara  Karya Ahmad Fuadi melalui lensa teori behaviorisme Skinner. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh lingkungan, dengan penekanan pada lingkungan keluarga, pendidikan, pertemanan, keterlibatan dalam aktivitas positif, dan resolusi konflik. Teori Skinner tentang penguatan positif menjadi landasan untuk menganalisis bagaimana interaksi tokoh-tokoh utama dengan lingkungannya membentuk perilaku dan karakter mereka. Melalui karakter Alif Fikri, pembaca diajak merenung tentang peran lingkungan dalam pembentukan karakter manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu metode yang dimaksudkan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Negeri 5 Menara  Karya Ahmad Fuadi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dalam novel Negeri 5 Menara  Karya Ahmad Fuadi ini menunjukkan bahwa lingkungan memainkan peran krusial dalam membentuk kecemerlangan karakter, memberikan pandangan mendalam tentang kompleksitas interaksi antara faktor lingkungan dan pembentukan kepribadian. Artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan seluk-beluk antara lingkungan dan perkembangan karakter, serta implikasinya dalam konteks kajian behaviorisme Skinner.

 

References

Fuadi, A. 2009. Negeri 5 Menara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Wahyuni, D. 2019. Teori Burrhus Frederic Skinner dan analisis Behaviorisme. Surabaya: Jurnal of Education.

Puspa, K. 2012. Kepribadian Tokoh Bagus dalam Novel Penari dari Serdang Karya Yudisthira Anm Massardi (Kajian Psikologi Behaviorisme B.F Skinner). Surabaya: Header Halaman Genap, 2.

Triwahyuni, Elvi. dkd. 2018. Penerapan Konsep Teori Behavioristik B. F Skinner terhadap Motivasi dalam Menghadiri Persekutuan Ibadah. Makassar. Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Jaffray Makassar, 7.

Irlianti, Tiwik. 2011. Telaah Perilaku Tokoh Utama dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi (Tinjauan Teori Psikologi Behaviorisme Skinner). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahmaniyah, Fakhita. 2021. Pengendalian Diri Tokoh Utama pada Novel Sawitri dan Tujuh Pohon Kelahiran Karya Mashdar Zainal (Kajian Psikologi Behaviorisme B.F Skinner). Surabaya: Unesa, 157-158.

Poerwadarminta, W.J.S., 2007 Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional).

Iver R.M., Mac & Charles, Society, 1981, New York: Holt Renehart and Winston.

https://radarsemarang.jawapos.com/untukmu-guruku/721386864/peran-pendidikan-dalam-pembentukan-karakter.

https://ecampus-fip.umj.ac.id/h/umj/WHrpo5yHl7xi2zn9YW6QBK2pQrD8QX.pdf

https://osf.io/preprints/osf/kunsh

https://inoerofik.files.wordpress.com/2014/11/teori-skinner.pdf

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

Mudani, A., & Wahyudi, F. . (2024). KECEMERLANGAN KARAKTER TOKOH UTAMA AKIBAT LINGKUNGAN DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI (Kajian behaviorisme Skinner). EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 5(01). https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.474

Issue

Section

Articles