IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN PESANTREN DI SMA TAHFIDH AL-AMIEN PRENDUAN

Authors

  • Dimas Dwi Purnomo Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Indonesia
  • Mohammad Firdaus Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.453

Keywords:

Implementasi, Nilai-Nilai Pancasila, Pendidikan, Pesantren

Abstract

Penelitian ini menjawab persoalan yang muncul di masyarakat dan menunjukkan adanya implementasi nilai-nilai Pancasila di lembaga SMA Tahfidh Al-Amien Prenduan yang berada di bawah naungan pondok pesantren Al-Amien Prenduan.Untuk  mengetahui adanya implementasi nilai-nilai Pancasila di SMA Tahfidh Al-Amien Prenduan, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari metode ini, kemudian peneliti olah dan analisis untuk memperoleh data atau informasi. Untuk keabsahan data, peneliti memilih triangulasi dengan du cara yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan bahwasannya penerapan nilai-nilai pancasila di SMA Tahfid Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Indonesia meliputi kegiatan sholat berjama’ah, membaca Al-Qur’an dan do’a bersama sebelum belajar, interaksi sosial dengan senyum, sapa dan salam, penyamarataan perlakuan terhadap santri, dan pengelolaan organisasi RITMA oleh santri. Adapun implikasi nilai-nilai pancasila di SMA Tahfidh Al-Amien Prenduan meliputi dua hal yaitu pada aktivitas santri dan pada lembaga. Implikasi pada aktivitas santri yakni menjadikan santri dalam rajin beribadah, rajin dalam belajar, memiliki jiwa nasionalisme dan rasa tanggungjawab untuk taat pada guru dan aturan lembaga. Sedangkan implikasi pada lembaga yaitu naiknya great atau tingkatan lembaga dikarenakan kuantitas hafalan santri, membuat harum semboyan pesantren berdiri di atas dan untuk semua golongan dan adanya organisasi RITMA sebagai penunjang baiknya akreditasi lembaga.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Purnomo, D. D., & Firdaus, M. (2024). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN PESANTREN DI SMA TAHFIDH AL-AMIEN PRENDUAN . EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 5(01), 127–189. https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.453

Issue

Section

Articles