Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Siswa dengan Tipe Kepribadian Introvert di SMPN I Pragaan, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep

Authors

  • Karim Abu bakar Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.452

Keywords:

Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Bimbingan dan Konseling, Kepribadian Introvert

Abstract

Peran guru bimbingan dan konseling berperan sebagai pendidik, pembimbing, dan juga sebagai motivator untuk peserta didik. Guru mempunyai peran dalam bimbingan dan konseling untuk mengarahkan dan mengembangkan kapasitas siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa dengan tipe kepribadian introvert. Peneliti tertarik dengan penelitian ini dan fokus peneliti adalah bagaimana tipe kepribadian introvert di SMPN I Pragaan, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep dan bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa berkepribadian introvert di SMPN I Pragaan, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan metode analisis data yang digunakan dari tiga yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa dengan tipe kepribadian introvert di SMPN I Pragaan, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep diantaranya: peran guru bimbingan dan konseling berperan sebagai pembimbing, mendidik, dan sebagai motivator bagi siswa introvert. Adapun peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi faktor kepribadian siswa introvert seperti faktor keluarga, teman, pada diri sendiri, dan faktor dibebani tugas. Sedangkan layanan yang diberikan guru bimbingan dan konseling kepada siswa introvert seperti layanan individu atau kelompok, membangun interaksi, public speaking, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengambil keputusan sendiri tanpa ada paksaan dari orang lain

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

bakar, K. A. (2024). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Siswa dengan Tipe Kepribadian Introvert di SMPN I Pragaan, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 5(01), 118–126. https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.452

Issue

Section

Articles