MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWAROH

Authors

  • M. Mujabun Univeritas KH. Abdul Chalim, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.424

Keywords:

manajemen, kurikulum, mutu pendidikan

Abstract

Manajemen kurikulum bersifat urgen di dalam dunia pendidikan. Manajemen kurikulum memiliki empat prinsip, yaitu: 1) Selain tolak ukur tujuan pembelajaran yang menjadi prinsip mendasar tujuan pendidikan Islam, terdapat pula prinsip demokratisasi, produktvitas, efisiensi dan efektivitas, kooperatif dan mengarahkan pada visi dan misi yang telah ditetapkan di kurikulum pendidikan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan dalam kondisi alamiah (natural setting). Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengungkap bagaimana perencanaan kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam di Pondok PesantrenAl Munawaroh Jombang, 2) Untuk mengungkap bagaimana implementasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam di Pondok PesantrenAl Munawaroh Jombang, 3) Untuk mengungkap bagaimana evaluasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam di Pondok PesantrenAl Munawaroh Jombang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) perencanaan kurikulum dilaksanakan dalam beberapa program kegiatan berikut; a) pengorganisasian subject curriculume (pemetaan materi, buku ajar dan kategori ilmu), b) Penentuan Kalender pendidikan, Pekan Efektif dan kegiatan selama satu tahun, c) Penyusunan Perangkat pembelajaran (silabus, prota, promes dan RPP). 2) Implementasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dilakukan melalui beberapa kegiatan, diantaranya: a) koreksi perangkat pembelajaran, b) pengawasan kegiatan belajar mengajar. 3) Evaluasi kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dilakukan melalui beberapa kegiatan, diantaranya: a) Evaluasi input; penerimaan santri baru, penyusunan dan perumusan kurikulum, b) evaluasi procces; kegiatan implementasi kurikulum, pengawasan, dan kegiatan belajar mengajar, c) evaluasi output; hasil belajar santri dan prestasi santri.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Mujabun, M. . (2024). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWAROH. EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 5(01), 89–104. https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.424

Issue

Section

Articles