STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MA DARUL HIKMAH MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.423Keywords:
Strategi, Kepala Sekolah, Kualitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Darul Hikmah Mojokerto. Serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat Kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Darul Hikmah Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala madrasah sangat strategis dalam menentukan arah perkembangan sekolah. Kepala madrasah sangat berkompeten dalam bidangnya dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya. Strategi yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kemampuan mengajar guru, pendayagunaan media dan sarana pendidikan, pelaksanaan supervisi secara rutin, menjalin kerjasama dengan masyarakat dan penerapan disiplin waktu yang ketat, baik bagi guru maupun bagi siswa. Sedangkan Faktor pendukung adalah lingkungan belajar yang kondusif, kerjasama kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan, pendidik yang kompeten dan motivasi guru untuk mendidik muridnya. Adapun faktor penghambat adalah sarana dan prasarana yang belum terpenuhi dan kurangnya realisasi pendapatan dalam RAPBM terutama dalam pemasukan dana wali murid.