Strategi Kepala Madrasah Dalam Pemberdayaan Bakat Peserta Didik MTs Taufiqiyatul Asna Kepung Kediri
DOI:
https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.422Keywords:
Strategi Kepala Madrasah, Pemberdayaan, Bakat dan Peserta DidikAbstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Kemudian untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan deskripsi, langkah interpretasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Faktor pendukung dalam pengembangan bakat minat peserta didik adalah dukungan dari orang tua yang tidak pernah terlepas serta dukungan dari masyarakat dan juga dari sekolah, peserta didik yang mempunyai bakat minat selalu bersosialisasi dengan teman-temannya. Faktor penghambat dalam pengembangan bakat minat peserta didik adalah kurangnya atau minimnya fasilitas sarana dan prasarana digunakan, dari segi pendidikan atau proses belajar mengajar, 2) Strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam pengembangan bakat minat peserta didik adalah memberikan perhatian kepada peserta didik, menjalin kerja sama dengan orang tua peserta didik, membangkitkan semangat belajar, memberikan motivasi.