PEMANFAATAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 3 PANYURAN TUBAN

Authors

  • Eka Anggara Institut Agama Islam Nahdhlatul Ulama Tuban
  • Nurul Ngainin Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Ziana Dhurrotul Ainiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

DOI:

https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.411

Keywords:

Pemanfaatan Supervisi, pendidikan, Profesionalisme Guru

Abstract

Kepala madrasah sebagai supervisor berperan penting dalam setiap pelaksanaan dan kegiatan yang ada di sekolah, supervisor menjadi penentu kualitas dari seorang guru untuk mengkoordinasi dan membimbing secara berkelanjutan. Untuk meningkatkan profesionalisme guru, supervisor perlu mengembangkan potensi yang dimiliki guru. Peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu dengan membantu guru melaksanakan program supervisi pendidikan. Berdasarkan Latar belakang masalah peneliti diharapkan memberikan jawaban atas rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Panyuran? (2) Bagaimana pemanfaatan supervisi pendidikan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhaammadiyah 3 Panyuran? (3) Bagaimana dampak pemanfaatan supervisi dalam meningkatkan keprofesionalisme guru?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Panyuran. (2) Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan supervisi pendidikan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 3 Panyuran. (3) Untuk mengetahui dampak pemanfaatan profesionalisme guru setelah diadakannya pemanfaatan supervisor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus terhadap data yang telah dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi data dengan membandingkan data hasil instrumen dan observer yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kinerja guru menjadi lebih teratur terlihat dari kehadiran guru yang tertib, supervisor secara langsung memeriksa daftar hadir siswa. (2) Pemanfaatan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru yang ada di MI Muhammadiyah 3 Panyuran dapat dilihat dari evaluasi kinerja guru dan kualitas dari guru tersebut. (3) Pemanfaatan supervisi pendidikan mampu meningkatkan profesionalisme guru, guru menjadi lebih aktif, semangat dan kreatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru sangat baik, dengan cara menyiapkan administrasi dan model pembelajarannya secara lebih tertib dan teratur. Hasil penelitian ini diharapkan bisa dijadikan landasan dalam riset mengenai bidang kajian serupa dalam ruang lingkup yang bervariasi

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Anggara, E., Ngainin , N. ., & Dhurrotul Ainiyah, Z. . (2024). PEMANFAATAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 3 PANYURAN TUBAN. EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 5(01), 1–17. https://doi.org/10.36420/eduthink.v5i01.411

Issue

Section

Articles