MODERNISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Laila Badriyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Mufaizah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Yuliastik Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Ady Ubaidillah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Ade Nur Isnaini Universitas Sunan Giri Surabaya

Keywords:

Inovasi Pembelajaran, Pembelajaran Agama Islam, Quantum Learning.

Abstract

Model pembelajaran quantum learning merupakan pengubahan belajar yang meriah dengan segala nuansanya yang menyertakan segala kaitan, interaksi, dan perbedaan yang memaksimalkan momen belajar serta berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas interaksi yang mendirikan landasan dalam rangka untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi terkait implementasi prinsip-prinsip dan langkah-langkah pendekatan quantum learning dalam pembelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kajian Systematic Literature Review yang dimulai dari proses pencarian literatur, scrining dan uji kelayakan. Artikel yang di review mencakup artikel terbitan tahun 2017-2023. Hasil penelitian menunjukkan implementasi quantum learning dalam pembelajaran PAI dapat berupa; (1) penerapan prinsip quantum learning (segalanya berbicara, segalanya bertujuan, pengalaman sebelum pemberian nama, akui setiap usaha, jika layak dipelajari, maka layak pula dirayakan, (2) penerapan Langkah-langkah TANDUR yaitu; Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan. Inovasi Pembelajaran PAI dengan Model Quantum Learning menawarkan pendekatan yang baru dan menjanjikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui interaksi aktif dan pemberdayaan siswa. Penelitian ini berpotensi memberikan dampak positif pada pemahaman siswa terhadap agama Islam, keterampilan kritis, dan pemberdayaan pribadi mereka.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Laila Badriyah, Mufaizah, Yuliastik, Ady Ubaidillah, & Ade Nur Isnaini. (2023). MODERNISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0. EDUTHINK: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 4(01), 70–88. Retrieved from https://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/eduthink/article/view/303

Issue

Section

Articles