ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENERJEMAHKAN KALIMAT BAHASA ARAB: STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN

Authors

  • Ariza Amalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aulia Unnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salwa Haifa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i02.626

Keywords:

Kemampuan Membaca, Menerjemahkan Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca dan menerjemahkan kalimat bahasa Arab pada siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Kemampuan membaca dan menerjemahkan bahasa Arab merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa Arab, namun banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes keterampilan membaca serta menerjemahkan kalimat bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih menghadapi kesulitan dalam membaca kalimat bahasa Arab dengan lancar, terutama dalam mengucapkan kata-kata yang jarang mereka temui dan memahami struktur kalimat yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Selain itu, kemampuan siswa dalam menerjemahkan kalimat bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia juga masih rendah, di mana banyak siswa yang kesulitan dalam memilih kata yang tepat dan memahami makna keseluruhan kalimat. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan menerjemahkan meliputi penguasaan kosakata, pemahaman tata bahasa Arab, serta keterbatasan media pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan temuan ini, penelitian merekomendasikan beberapa langkah untuk meningkatkan kemampuan siswa, seperti pengembangan kosakata, pemahaman yang lebih mendalam mengenai struktur kalimat, dan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran bahasa Arab di tingkat SMP.

References

Fadillah, R. (2021). Analysis of the Teaching Difficulty by University Students of Arabic Language Education through Microteaching Practices/Analisis Kesulitan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Melalui Praktik Microteaching.

Hartati, E. D. (2023). Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Tamyiz pada Siswa di SMP IT Al Munadi Medan. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 877-882.

Hasibuan, N. A., & Lubis, T. (2019). Teknik Mind Mapping dalam Pengajaran Bahasa di Sekolah Dasar Muhammadiyah 18 Medan.

KARNIAWATI, W. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU AL-ARABIYYAH BAINA YADAIK 1 MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 7 PONDOK PESANTREN BAROKAH ILMU BEKASI (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM PEMALANG (INSIP) JAWA TENGAH).

Morgani, T. (2020). Penerapan Konseling Islami Dalam Pembinaan Kejujuran Peserta Didik SMP Muhammadiyah 57 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Mutiara, N. I. M. (2024). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Aplikasi Al-Qur‟ an Digital pada Peserta Didik SMP Muhammadiyah Parepare (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Parepare).

Nasution, S., Asari, H., Al-Rasyid, H., Dalimunthe, R. A., & Rahman, A. (2024). Learning Arabic Language Sciences Based on Technology in Traditional Islamic Boarding Schools in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–102. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i1.4222

Nasution, S., Al-Rasyid, H., Wulandari, P., Khalila, Z., & Pasaribu, B. (2023). An Analysis of Qira’ah Textbooks for Islamic Senior Highschool: A Religious Moderation Perspective. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 10(2), 203–216. https://doi.org/10.15408/a.v10i2.34132

Nurdiansyah, R. (2019). Strategi Komunikasi Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Kelas IX Fullday Di SMP Muhammadiyah 7 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).Nasution, S., Al-Rasyid, H., Wulandari, P., Khalila, Z., & Pasaribu, B. (2023). An Analysis of Qira’ah Textbooks for Islamic Senior Highschool: A Religious Moderation Perspective. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 10(2), 203–216. https://doi.org/10.15408/a.v10i2.34132

Rachman, Y. E. (2021). Faktor-Faktor Penghambat Dalam Memahami Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(1), 39. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v10i1.7725

Rifai, A. B. (2020). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB (STUDI KASUS SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Sari, M. (2024). Metode Tamyiz pada pembelajaran terjemah Al-Qur'an: Studi kasus pada kelas Tamyiz online angkatan 72 tahun 2023 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Umayya, N. A. (2023). Penerapan Metode Mustaqilli Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsPN 4 Medan. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 3(4), 2517-2533.

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Amalia, A., Unnisa, A. ., & Haifa, S. . (2025). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENERJEMAHKAN KALIMAT BAHASA ARAB: STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 3(02), 204–217. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i02.626

Issue

Section

Articles