ANALISIS PROSES INTERAKSI KELAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: PERSPEKTIF PSIKO-SOSIOLINGUISTIK
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i02.614Keywords:
psiko-sosiolinguistik, pembelajaran bahasa Arab, lingkungan sosialAbstract
Psiko-sosiolinguistik sebagai gabungan dari psikologi, sosiologi, dan linguistik, menjadi pendekatan penting untuk memahami bagimana faktor psikologis dan sosial memengaruhi bagaimana penggunaan bahasa dalam konteks pendidikan. Metode penelitian yang peneliti gunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisis menunjukkkan bahwa keberhasilan interaksi kelas dipengaruhi oleh faktor psikologis seperti motivasi, kecemasan, dan kepercaan diri siswa, dinamika kelompok, dan norma budaya yang berlaku. Studi ini menegaskan pentingnya pendekatan psiko-linguistik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan mendukung pengusaan bahasa Arab. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pengajar dalam merancanhg strategi pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan psikologis dan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek psiko-sosiolinguistik dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas. Studi ini juga menemukan bahwa pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan aspek psiko-sosiolinguistik dapat meningkatkan efektivitas pengajaran bahasa Arab. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih holistik dan berpusat pada kebutuhan mahasiswa
References
Al-Ariff, A. H., & Gumiandari, S. (2024). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA DIGITAL: TANTANGAN IMPLEMENTASI, DAN PELUANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(7), 987–998.
Amirudin, N. (1947). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Plant Physiology, 1(1), 11–19.
Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–56. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.39-56
Aprilia, D., & Apriliyani, N. Y. A. (2023). Kajian psikolinguistik dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Ilmuah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(November), 15–22.
Bamualim, M. (2020). Kedudukan Dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama Dan Bahasa, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.54214/alfawaid.vol10.iss2.141
Dafa Nur Abtia Zayuda, Imas Marliana, Masnida Wati Suryani, Halimah Ibrahim, S. N. (2023). Eksistensi Mahārah Al - Kitābah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Counselia, Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 164–180.
Desinta, Astuti, I., & Wicaksono, L. (2019). Pengaruh Interaksi Sosial Di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Smk Mandiri Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1).
Fahriza, R., Dafa Nur Abtia, Z., Zikrani, K., & Rosita, D. (2024). Kontribusi Sosiologi Pendidikan dalam Membentuk Karakter Seorang Anak Fahriza. Jurnal Sosiologi Pendidikan Dan Pendidikan IPS (SOSPENDIS), 8(2), 49–54.
Furoidah, A. (2020). Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 2(2), 63–77. https://doi.org/10.36835/alfusha.v2i2.358
Handayani, T. (2015). Interaksi Edukatif di Sekolah. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 7(2), 161–176.
Hanifah, U. (2014). At-Tajdid. Jurnal At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(1), 1–44.
Ina, I., Sastrawan, A. N., & Salim, I. (2019). Analisis Interaksi Pendidikan Antara Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran IPS Terpadu Pada Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11), 1–14.
Ismail, M. (2013). Peranan Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. At-Ta’dib, 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.508
Kirana, C. (2022). Urgensi Interaksi Edukatif & Definisi Kelompok Belajar Dalam Pendidikan. Jurnal Studi-Studi Keislaman, 3(01), 26–42.
Makruf, I. (2009). Strategi Pembelajaran Bahada Arab Aktif. 8(Strategi pembelajaran), 163.
Muhajirin, M. P. (2017). Pendekatan Praktis Metode penelitian kualitatif dan Kuantitatif.
Naria, N., Romadhon, D., Ramadhani, G. F., Huljannah, M., Fikri, S., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2024a). Fenomena Psiko-Sosiolinguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Muhammadiyah Boarding School Cepu. 7(1), 117–140.
Naria, N., Romadhon, D., Ramadhani, G. F., Huljannah, M., Fikri, S., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2024b). ثحبلا صلختسم ملعب ةغللا ةقلاع سردي تايوغللا نم عرف وه يعامتجلااو ي سفنلا ةغللا ملع يعامتجلااو ي سفنلا ةغللا ملع بعلي . ةغللاب نيثدحتملل يعامتجلااو سفنلا ملع رود ةيمهلأ ارظن . ةيبرعلا ةغللا ةصاخو ، ةغللا ملعت ةيلمع يف امهم ارود قلعتت اقمع رثكأ ة سارد يف نو. 7(1), 117–140.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.); pertama). CV.Harva Creative.
Nasution, S. (2014). Mekanisme Ujaran Dalam Bahasa Arab; Tinjauan Psikolinguistik. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 169–192. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/at-turas/article/view/157
Nasution, S. (2016). Ahdāf Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah Li Ghair al-Nāthiqina Bihā,. Jurnal Tarbiyah, 23(02).
Nasution, S. (2020). Pembentukan lingkungan bahasa Arab di perguruan tinggi keagamaan Islam.
Nasution, S., Asari, H., Al-Rasyid, H., Dalimunthe, R. A., & Rahman, A. (2024). Learning Arabic Language Sciences Based on Technology in Traditional Islamic Boarding Schools in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–102. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i1.4222
Nuryani, N., Isnaniah, S., & Eliya, I. (2021). Sosiolinguistik Dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Multikultural: Teori dan Praktik Penelitian. In In Media.
Oensyar, K. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Telaah Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). 済無No Title No Title No Title. Journal GEEJ, 7(2), 1–25.
Rijal, S. (2015). Pengaruh Pola Berbahasa Orangtua Anak Jalanan Di Kota Makassar : Analisis Sosio-Psikolinguistik. Tutur, 1(1), 19–26.
Royani, A., & Mahyudin, E. (2020). Kajian Linguistik. In Kajian Linguistik Bahasa Arab (Vol. 1, Issue Vol. 2 No 1 (2023): Kajian Linguistik).
Saimuary, D. I., Simbolon, I. M., & Hutabarat, R. L. . (2021). Analisis Sosiolinguistik dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Jurnal Sasindo (Program Studi Sastra Indonesia Fbs Unimed), 10(1), 1–10.
Scovel, T., Spolsky, B., & Richards, J. C. (1998). Sociolinguistics. In RELC Journal (Vol. 29, Issue 2). https://doi.org/10.1177/003368829802900210
Setiadi, F. M. (2020). Pendekatan Psikolinguistik Bahasa Arab di Indonesia. Ihya Al Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 6(1), 57–59.
Sultan, & Yahya, S. (2020). Peranan Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Sebuah Pengantar). In Jurnal At-Ta’dib (Vol. 8, Issue 2).
Supatmawati, A., Sulistryani, & Parijo. (2013). Interaksi Sosial Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sosiologi Kelas X Sma Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(20).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dafa Nur Abtia Zayuda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.