ANALISIS EFEKTIVITAS METODE PENERJEMAHAN HARFIAH TERHADAP PEMAHAMAN TEKS ARAB BAGI SISWA SMP IT AD-DURROH
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i02.613Keywords:
Metode Penerjemahan Harfiah, Pemahaman Teks Arab, Pembelajaran Bahasa Arab,Siswa SMP IT Ad-DurrohAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode penerjemahan harfiah dalam meningkatkan pemahaman teks Arab di kalangan siswa SMP IT Ad-Durroh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun metode penerjemahan harfiah dapat meningkatkan kosakata dan pemahaman struktur kalimat, siswa juga menghadapi kesulitan dalam memahami konteks dan nuansa bahasa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode campuran untuk mencapai pemahaman yang lebih komprehensif. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pengajaran bahasa Arab di sekolah
References
Abdelaal, N. (2020). Translation between English and Arabic: A textbook for translation students and educators. Springer Nature.
Al-Jarf, R. (2022). Student-interpreters’ foreign proper noun pronunciation errors in English-Arabic and Arabic-English media discourse interpreting. International Journal of Translation and Interpretation Studies (IJTIS), 2(1), 80-90.
Al-Jarf, R. (2022). Undergraduate student-translators’ difficulties in translating English word+ preposition collocations to Arabic. International Journal of Linguistics Studies (IJLS), 2(2), 60-72.
Arif, M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab. A Jamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 9(1), 1-15.
Asiri, E., Qassem, M., & Sahari, Y. (2024). Navigating Cultural Landscapes: Textual Insights into English–Arabic–English Translation. Open Cultural Studies, 8(1), 20240009.
Fitriyah, T., & Fauzi, M. F. (2020). Improving quality of Arabic translation course through jigsaw cooperative learning. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(1), 17-30.
Habibullah, M. (2015). Proses dan Hasil Penerjemahan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Translation Theory and Practice Di STAIN Pamekasan). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 12(1), 207-232.
Hartati, E. D. (2023). Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Tamyiz pada Siswa di SMP IT Al Munadi Medan. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 877-882.
Husin, H., & Hatmiati, H. (2018). Budaya Dalam Penerjemahan Bahasa. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(2), 39-52.
Istiqomah, S. N., Nurhaliza, T. N., Nafis, Z., & Supriadi, R. (2023). Teknik Penerjemahan Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 4(2), 183-194.
Julia, J., Rahim, A., & Safitri, W. (2022). Implementasi Metode Tata Bahasa Terjemah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Haurgeulis Indramayu. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 114-128.
Jundi, M., Hasibuan, R., & Kadir, S. D. (2023). Probing the Fusion of Arabic and Gorontalo Dialect in the Daily Linguistic Landscape of Students at Al-Falah Islamic Boarding School. Kitabina: Jurnal Bahasa & Sastra Arab, 4(02), 34-46.
Kusuma, A. B. (2018). Pendekatan dan metodologi pengajaran bahasa Arab. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 87-110.
Loeis, W. (2011). Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Turats, 7(2), 62-70.
Nugraha, R. S., Farhah, E., Anis, M. Y., Arummi, A., & Hidayati, T. Y. N. (2022). Pelatihan Penyuntingan Teks Sastra Terjemahan Arab-Indonesia bagi Siswa Man 1 Karanganyar Jawa Tengah. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 52-62.
Pramesti, A., Ritonga, A. D. J., Azkia, M. W. F., & Nasution, S. (2025). Mengungkap Faktor Penghambat dan Solusi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Al-Hijrah Kelas IX. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 209-223.
Purnama, B. B., Setiyawan, A., Holilulloh, A., & Sapar, A. A. B. (2024). Analysis of Difficulties in Translating Arabic Texts for 9th Grade Students. Arabi: Journal of Arabic Studies, 9(1), 66-79.
Rahma, A., & Perawironegoro, D. (2024). Kontribusi Lembaga Pendidikan Islam terhadap Pengembangan Akhlak Generasi Muda. Jurnal Inovasi Global, 2(11), 1687-1699.
Salim, A., Robikhah, A. S., Zulianah, E., & Barik, F. R. (2022). Implementation of the Translation Grammatical Method in Arabic Learning. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(4), 546-554.
Sobri, A., Syahvini, S. N., Rizqa, R. F., Padilah, S., Athallah, M. R., & Fadila, N. (2023). Perbedaan Penerjemahan Gramatikal Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi, 1(3), 316-324.
Wicaksono, M. A. (2021). Metode Pengajaran Penerjemahan Bahasa Arab. Uktub: Journal of Arabic Studies, 1(1), 38-44.
Zarkasyi, A. H., Gandhi, Z. I., & Tazali, R. M. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Metode Qawwaid Dan Tarjamah Pada Era Modern. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 3451-3465.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mawaddah Mumtazah Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.