STRATEGI EFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN TERJEMAHAN BAHASA ARAB UNTUK PEMULA
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i02.612Keywords:
Strategi, Bahasa Arab, Terjemahan, PemulaAbstract
Penelitian in bertujuan untuk mengetahui strategi efektif dalam konsep dasar penerjemahan bahasa Arab, termasuk pentingnya bahasa Arab dalam dunia Islam, baik sebagai bahasa ibadah maupun ilmu pengetahuan,. Artikel ini membahas strategi pembelajaran bahasa Arab bagi pemula, dengan pendekatan bertahap mulai dari pengenalan alfabet hingga memahami struktur kalimat kompleks. Proses penerjemahan digambarkan tidak hanya sebagai alih bahasa, tetapi juga sebagai upaya memahami makna secara kontekstual, menghubungkan bahasa, budaya, dan pengetahuan selain itu, artikel ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi potensi keefektifan pembelajaran terjemah dalam bahasa arab bagi para pemula pemula, proses pembelajaran terjemah bahasa Arab merupakan keterampilan pembelajaran yang kompleks, memerlukan pemahaman tata bahasa, kosa kata/mufradat serta konteks budaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study pustaka dan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dapat mengetahui strategi yang efektif dalam pembelajaran terjemah bagi pemula
References
Adolph, R. (2016). Belajar bahasa Arab untuk pemula. 1–23.
Chalik, S. A. (2020). Metode Dan Strategi Pengajaran Membaca pada Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Pemula. Shaut Al Arabiyyah, 8(1), 92. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.15031
Islam, U., Sumatera, N., Medan, U., Willem, J., Pasar, I., Medan, V., Sei, K. P., Kabupaten, T., Serdang, D., & Utara, S. (2023). Keterampilan Dasar Berbahasa Arab Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Rahmaini. Journal on Education, 05(04), 17371–17377.
Isna Noora, R., & Hendra, F. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Yang Mudah Dipahami. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(11), 2812–2819. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i11.691
JASMINE, K. (2014). PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.
Khansa, H. Q. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, 1(2), 53–62. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara
Nasution, S. (2020). Pembentukan lingkungan bahasa Arab di perguruan tinggi keagamaan Islam. Medan: Perdana Publishing
Nasution, S. (2021). Namūzaj Tadrîs al-Nahwi al-Qâim ‘alâ al-Ta’allum al-Binâiy. Perdana Publishing.
Nasution, S. (2022). Kamus Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Makalah, Skripsi, Tesis dan Disertasi) Indonesia – Arab, Arab – Indonesia (Zulheddi (ed.); Revisi). Perdana Publishing.
Nasution, S., Asari, H., Al-Rasyid, H., Dalimunthe, R. A., & Rahman, A. (2024). Learning Arabic Language Sciences Based on Technology in Traditional Islamic Boarding Schools in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–102. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i1.4222
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN. In Journal GEEJ (Vol. 7, Issue 2).
Rahmawati, S., Maulida, S. N., & Patimah, S. (2023). Pengenalan Dasar Bahasa Arab Dan Inggris Sebagai Bentuk Peningkatan Pengetahuan Bagi Generasi Milenial Di Desa Bantargadung Sukabumi. Al-Khidmah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.51729/alkhidmah.1189
Rokhman, I. A. (2023). Problematika Penerjemahan Bahasa Arab Mahasiswa pada Mata Kuliah Tarjamah. Al-Kafaah, 2(1), 58–73.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Strategi Pembelajaran Biologi. Strategi Pembelajaran Biologi, September, 202–203.
Syahid, N. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam. In Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam (Vol. 7).
Zahra, N., Damanik, S., Nasution, S., Islam, U., & Sumatra, N. (2024). Model Pembelajaran Tebak Kata Untuk Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Siswa MAN Pematang Siantar. Journal Islamic Pedagogia, 4(2), 131–140.
Zahro, F., & Nu’man, M. (2024). Konsep Dasar Penerjemahan Bahasa Arab. Al-Lahjah : Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, Dan Kajian Linguistik Arab, 7(1), 754–758. https://doi.org/10.32764/allahjah.v7i1.4219
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Nadira Sandra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.