STRATEGI PEMBENTUKAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB DI MADRASAH RIBAT AL-MUSAWA SELANGOR MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i03.611Keywords:
Ribat Al Musawa, Lingkungan Bahasa Arab, Strateegi, PembentukanAbstract
Lingkungan berbahasa Arab merupakan hal penting untuk melatih seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain dengan menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar. Hal ini tidak lain karena lingkungan merupakan fasilitas awal bagi siapapun untuk memperoleh bahasa apapun. Lingkungan berbahasa Arab bagi sekolah-sekolah ataupun pesantren yang mempelajari Bahasa Arab merupakan sarana pokok untuk peningkatan berbagai keterampilan dasar bahasa Arab. Demikian juga fenomena di sekolah berasrama semacam pesantren atau yang disebut Ribat Al Musawa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai strategi yang digunakan oleh Madrasah Ribat Al Musawa Selangor Malaysia dalam pembentukan lingkungan berbahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengasuh, para guru dan santri di sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara, juga dokumentasi dari sumber lain yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa pembentukan lingkungan Bahasa Arab di Ribat Al-Musawa dilakukan melalui berbagai strategi, antara lain dengan pemberian banyak kosakata, komunikasi yang baik dengan penutur asli Arab, adanya hukuman bagi pelanggar bahasa, pemberian motivasi yang kuat, dan adanya acara-acara menarik seperti Muhadharah atau latihan pidato dalam bahasa Arab, acara terjemah langsung, Shufuf atau baris-berbaris dengan Bahasa Arab, dan Mudzakarah atau menelaah kitab berbahasa Arab
References
Al Mujtaba. 2024. Motivasi belajar Bahasa Arab.
Annisa, Maryam Nur, Dian Arista, Yadin La Udin, dan Wildana Wargadinata. 2023. “Pemerolehan Bahasa Arab sebagai Bahasa Kedua (Kajian Psikolinguistik).” `A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 12 (2): 468. https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.2.468-484.2023.
Ariyanti, Hari, dan Syarifah Syarifah. 2021. “STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NURUL MUTTAQIN SIMPANG TIGA.” AL-MU’ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION 1 (1): 45–55. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2080.
Awwaludin, Muhammad, Stevan Malik, dan Nopri Dwi Siswanto. 2022. “Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab pada Pesantren Bahasa Arab (MIM LAM)” 1 (1).
Djakfar, Fera Andriani. 2022. “Analisis Problematika Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab: (Studi Kasus di Prodi PBA STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan).” Qismul Arab: Journal of Arabic Education 2 (01): 19–30. https://doi.org/10.62730/qismularab.v2i01.22.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami desain metode penelitian kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21 (1): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1. 38075. 33-54.
Faisal, Faisal. 2022. “Konsep Pemerolehan Bahasa Arab Di Indonesia.” JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 1 (1): 56–71. https://doi.org/10.33507/pai.v1i1.1100.
Habib Abdurrahman bin Umar al Musawa. 2024. Visi dan Misi Ribat al Musawa.
Hidayat, A. 2012. “BI’AH LUGHOWIYAH (LINGKUNGAN BERBAHASA) DAN PEMEROLEHAN BAHASA.” Jurnal Pemikiran Islam 37 (1): 35–44.
Morrisan. 2018. Teori Komuniksi Individu hingga Massa. Prenada Media Group.
Muhammad Husni Shidqi, Adam Mudinillah. 2021. “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN BERBAHASA BAGI MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI.” Jurnal Education and developmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan 9 (3): 170–76. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2807.
Nurbaiti, Anna, dan Rhomiy Handican. t.t. “Systematic Literature Review (Slr) : Peran Lingkungan Bahasa dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Berbahasa Arab” 03.
Rachmawati, Miatin. 2021. “PEMBENTUKAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB BERBASIS ‘BI’AH LUGHOWIYYAH’ MAHASISWA PBA (PENDIDIKAN BAHASA ARAB) UHAMKA JAKARTA (STRATEGI DAN IMPLEMENTASI).” Al-Fakkaar 2 (2): 62–81. https://doi.org/10.52166/alf.v2i2.2632.
Rezi, Melisa, dan Amrina Amrina. 2019. “SEMIT: ASAL MUASAL BAHASA ARAB.” Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics 1 (2). https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v1i2.1524.
Sodiqin. 2025. Strategi Pembentukan Bi’ah Arabiyah di Ribat al MusawaWhatsapp.
Syahid, Nur. 2020. “STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK.” Modeling 7 (1): 93–100. https://doi.org/10.69896/modeling.v7i1.645.
Syarifah Dina. 2024. Sejarah Ribat al-Musawa.
Tania, Elis, dan Setiyawan Agung. 2024. “Model Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Psikolinguistik).” Journal of Arabic Education and Linguistics 3 (2): 74–84. https://doi.org/10.24252/jael.v3i2.44046.
Wiraguna, Sidi, L.M.F. Purwanto, dan Robert Rianto Widjaja. 2024. “Metode Penelitian Kualitatif di Era Transformasi Digital Qualitative Research Methods in the Era of Digital Transformation.” Arsitekta : Jurnal Arsitektur dan Kota Berkelanjutan 6 (01): 46–60. https://doi.org/10.47970/arsitekta.v6i01.524.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fera Andriani Djakfar Musthafa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.