INOVASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN TERJEMAHAN BAHASA ARAB

Authors

  • Lola Irnis Lorenza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabila Nashfati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sahkholid Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i03.573

Keywords:

Teknologi, Inovasi Digital, Bahasa Arab

Abstract

pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran terjemahan bahasa Arab oleh siswa di MAS Al Fuad. Penelitian ini juga bertujuan memahami hambatan yang dihadapi, mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan integrasi teknologi, serta memberikan rekomendasi aplikatif guna memaksimalkan penggunaan inovasi digital dalam proses pembelajaran terjemahan bahasa Arab. enelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode studi kasus untuk menggambarkan penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran terjemahan bahasa Arab di MAS Al Fuad. Informan penelitian adalah 106 siswa kelas 12 IPA 1, 2, dan 3. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan angket yang mengukur persepsi serta tingkat pemanfaatan teknologi digital oleh siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan persentase dan rata-rata untuk mengidentifikasi pola penggunaan dan persepsi siswa terhadap inovasi digital dalam pembelajaran. Hasil observasi dan respons angket dianalisis tematik untuk menemukan tantangan dan peluang dalam penerapan inovasi digital.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudah sebanyak Sebanyak 60% siswa sering sekali menggunakan teknologi digital seperti aplikasi penerjemahan (Google Translate atau Quranic Apps) dan platform pembelajaran daring. Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi digital memiliki peran penting dalsam pembelajaran terjemahan bahasa Arab di MAS Al Fuad, dengan tingkat adopsi yang cukup tinggi di kalangan siswa dan guru. Mayoritas siswa merasa teknologi digital membantu mereka memahami materi terjemahan lebih cepat dan meningkatkan minat belajar.

References

Adhi, K., & Khoiron, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Karawang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

akti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), 2,2(1-8). https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025

Albantani, A. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah : Sebuah Ide Terobosan. Attadib Journal of Elementary Education, 2,2. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.417

Amadi, A., & dkk. (2023). Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital: Sistematic Literature Review. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa , 1(3),301-309. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.1112

Aziza, L., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(1),56-71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Baskoro, & Suwandi. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. PT Rineka Cipta.

Fatah, & Ahmad. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab (Respon, Tantangan Dan Solusi Terhadap Perubahan). Jurnal Arabia, 8,1-6. https://doi.org/10.21043/arabia.v8i1.1942

Haq, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital:Problematika dan Solusi dalam Pengembangan Media. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-Ilmu, 7(1),211-222. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6937

Idzi, I., & dkk. (2024). Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: CV Buildung Nusantara.

Indah, R., & Fadilah, M. (2024). Literature Review : Pengaruh Media Pembelajaran Literasi Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(2), 188-198. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33803

Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan digital dan solusi yang diterapkan di Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Iptekkom: Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi,, 24(2),187-200. http://dx.doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200

Maisarah, & dkk. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1),65-75. http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1348

Nasution, S., Asari, H., Al-Rasyid, H., Dalimunthe, R. A., & Rahman, A. (2024). Learning Arabic Language Sciences Based on Technology in Traditional Islamic Boarding Schools in Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–102. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i1.4222

Syafaah, D. (2019). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab pada Prodi Bahasa dan Sastra Arab IAIN Tulungagung dalam Menghadapi Tantangan Era Industri 4.0. Prosiding Konferensi NAsional Bahasa Arab V, 11(1), 849–859. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Ummah, V. R. (2024). INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN KOMUNIKASI BAHASA ARAB: IMPLIKASI PSIKOLINGUISTIK DAN SOSIOLINGUISTIK. At-Turost: Journal of Islamic Studies, 11(1), 80–98.

Nasution, A. (2019). Urgensi Bahasa Arabh di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Arab, 1-7.

Setiawan, J., & Anggito. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. CV Jejak Publisher.

Sinambela, S., & dkk. (2024). Kesenjangan Digital dalam Dunia Pendidikan Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang (Studi Kasus di SMP N 35 Medan) . Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2(3), 15-24. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3003

Siringoringo, R., & Alfaridzi, M. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital . Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3),66-76. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854

Sugiantari, I. (2023). Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application of Logistic and Supply Telkom Access). Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer, 5(2),1-14. https://doi.org/10.26905/jasiek.v5i2.11521

Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Kontrutivisme Dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2),1-18. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Sulaiman, E. (2023). Membumikan Bahasa Arab Sejak Dini (Analisis Kesulitan dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pemula). Edu Journal Innovation in learning and education, 1(2),1-10. https://doi.org/10.55352/edu.v1i2.761

Winarni. (2024). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran . SEMINAR NASIONAL HASIL RISET DAN PENGABDIAN, 4,1-14. http://dx.doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Downloads

Published

2025-01-04

How to Cite

Lorenza, L. I., Nashfati, N., & Nasution, S. . (2025). INOVASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN TERJEMAHAN BAHASA ARAB. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 3(03), 217–230. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i03.573

Issue

Section

Articles