Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah ‘Aliyah (Ma) Tahfidz Al-Quran Nurul Iman Hidayatullah Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i03.549Keywords:
Problems, Learning, Nurul Iman, HidayatullahAbstract
Dalam aspek kehidupan manusia hampir semua sudah dipengaruhi dan tidak bisa terlepas dari perkembangan digital. Salah satunya adalah dalam hal pembelajaran bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di era digital mengalami transformasi yang signifikan berkat kemajuan teknologi. Penelitian ini membahas peluang dan tantangan yang ditawarkan oleh teknologi digital dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab, seperti akses ke sumber belajar yang lebih luas dan metode pembelajaran interaktif. Namun, tantangan seperti kesiapan guru dan infrastruktur yang tidak memadai juga dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa meskipun teknologi memberikan banyak manfaat, perhatian terhadap tantangan yang ada sangat penting untuk mencapai hasil pembelajaran yang efektif dan efesien.
References
Agus Supriadi, Akla, J. Sutarjo, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah” Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Arab, Annabighoh, Vol. 22. NO. 02 Tahun 2020
Ghony, M. Djunaidi dan fauzan Almanshur. Metode penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Gulo, W. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Riset Jilid I.( Yogyakarta: Andi Offset. 1991)
https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i02.2314
Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya. 2010.
Moloeng, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2002.
Nalim, Yusuf dan Salafudin turmudi. Statistik Deskriptif, Pekalongan: STAIN Press. 2012.
Nasir, Muhammad. Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1986.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta, 2018.
Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakek. Jakarta:
Rineka Cipta. 2006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Joko Ariyanto Siti Khodijah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.