Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah ‘Aliyah (Ma) Tahfidz Al-Quran Nurul Iman Hidayatullah Karanganyar

Authors

  • Joko Ariyanto Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i03.549

Keywords:

Problems, Learning, Nurul Iman, Hidayatullah

Abstract

Dalam aspek kehidupan manusia hampir semua sudah dipengaruhi dan tidak bisa terlepas dari perkembangan digital. Salah satunya adalah dalam hal pembelajaran bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di era digital mengalami transformasi yang signifikan berkat kemajuan teknologi. Penelitian ini membahas peluang dan tantangan yang ditawarkan oleh teknologi digital dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab, seperti akses ke sumber belajar yang lebih luas dan metode pembelajaran interaktif. Namun, tantangan seperti kesiapan guru dan infrastruktur yang tidak memadai juga dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa meskipun teknologi memberikan banyak manfaat, perhatian terhadap tantangan yang ada sangat penting untuk mencapai hasil pembelajaran yang efektif dan efesien.

References

Agus Supriadi, Akla, J. Sutarjo, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah” Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Arab, Annabighoh, Vol. 22. NO. 02 Tahun 2020

Ghony, M. Djunaidi dan fauzan Almanshur. Metode penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Gulo, W. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Riset Jilid I.( Yogyakarta: Andi Offset. 1991)

https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i02.2314

Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya. 2010.

Moloeng, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2002.

Nalim, Yusuf dan Salafudin turmudi. Statistik Deskriptif, Pekalongan: STAIN Press. 2012.

Nasir, Muhammad. Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1986.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta, 2018.

Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakek. Jakarta:

Rineka Cipta. 2006.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Ariyanto, J. (2024). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah ‘Aliyah (Ma) Tahfidz Al-Quran Nurul Iman Hidayatullah Karanganyar. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 3(03), 168–184. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i03.549

Issue

Section

Articles