MEMBANGUN KETERAMPILAN BAHASA ARAB DI ERA DIGITAL: PELUANG TEKNOLOGI DAN TANTANGAN IMPLEMENTASI
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i03.543Keywords:
Bahasa Arab, teknologi digital, peluang, tantanganAbstract
Dalam aspek kehidupan manusia hampir semua sudah dipengaruhi dan tidak bisa terlepas dari perkembangan digital. Salah satunya adalah dalam hal pembelajaran bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di era digital mengalami transformasi yang signifikan berkat kemajuan teknologi. Penelitian ini membahas peluang dan tantangan yang ditawarkan oleh teknologi digital dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab, seperti akses ke sumber belajar yang lebih luas dan metode pembelajaran interaktif. Namun, tantangan seperti kesiapan guru dan infrastruktur yang tidak memadai juga dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. erdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa meskipun teknologi memberikan banyak manfaat, perhatian terhadap tantangan yang ada sangat penting untuk mencapai hasil pembelajaran yang efektif dan efesien
References
Al Qolbi, A. S., Khan, L. F., & Ulfiandi, I. Z. (2024). Tantangan dan Prospek Bahasa Arab di Era Modern. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 3(1), 25–31. https://doi.org/10.69966/mjemias.v3i1.51
Ansori, M. (2019). Implikasi Pendekatan Multiple Intelligences Menurut Gadner Bagi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan Terakreditasi Kemenristekdikti, 19(85), 740–752.
Firdaus, A., Asrori, A., Hakim, D. A., & Anggraini, H. (2024). Implementasi Model Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Teknologi Dalam Meiningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital. Unisan Jurnal, 3(1), 215–238.
Mahmudi, I., Manca, D. A., & Kusuma, A. R. (2022). Literatur Review: Pendidikan Bahasa Arab Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(2), 611–624. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i2.396
Manan, A., & Nasri, U. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Bahasa Arab: Perspektif Global. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 256–265. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2042
Mursid, M. A., & Nur, N. (2015). Belajar dan pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 10–27.
Mustaufiy, A. S. H. (2023). No Title. 87–100.
Rafi, R., Ghozali, A., Suharto, R., Rahma, A. N., Fikri, S. I., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2023). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Bahasa Arab Anak Usia Dini Di Era Digital Opportunities and Challenges of Early Childhood Arabic Education in the Digital Age. 2, 2023.
Shabur, A., & Amadi, M. (2023). Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : Sistematic Literature Review Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : 1(3).
Susanto, S., Ritonga, A. W., Desrani, A., & Febriani, S. R. (2022). Persepsi Mahasiswa Tentang Penerapan Ptmt Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Model Blended Learning. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 1. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.728
Uyuni, Y. R. (2019). Transformasi Bahasa Arab dalam Era Digital dalam Perkembangan Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Zakiah Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.