PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PTQ TARBIYYATUL UMMAH DAN KUTTAB AL FARUQ

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i03.530

Keywords:

Keywords: Quantum Learning Model, Arabic, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan model pembelajaran quantum learning di Pondok Tahfidzul Qur’an Tarbiyyatul Ummah Sukoharjo, (2) mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan model pembelajaran quantum learning di Kuttab Al Faruq Sukoharjo, (3) mendeskripsikan dan menganalisis perbedaan penggunaan model pembelajaran quantum learning di Pondok Tahfidzul Qur’an Tarbiyyatul Ummah dan Kuttab Al Faruq Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian ini diantaranya: (1) Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Tahfidzul Qur’an Tarbiyyatul Ummah Sukoharjo menggunakan model quantum learning. Pembelajaran di lembaga tersebut melalui tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan; (a) merumuskan tujuan pembelajaran, (b) menentukan materi bahan ajar, (c) menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan.  Tahap pelaksanaan; (a) kegiatan pembuka, (b) inti, (c) penutup. Dan tahap penilaian; (a) penilaian harian, (b) penilaian tengah semester, (c) penilaian akhir semester. (2) Pembelajaran bahasa Arab di Kuttab Al Faruq Sukoharjo menggunakan buku quantum learning. Pembelajaran di lembaga tersebut melalui tiga tahapan, yaitu; tahap perencanaan; (a) merumuskan tujuan pembelajaran, (b) menentukan materi bahan ajar, (c) menentukan buku ajar yang akan digunakan dalam menunjang pembelajaran. Tahap pelaksanaan; (a) kegiatan pembuka, (b) inti, (c) Penutup. Dan tahap penilaian; (a) penilaian harian, (b) penilaian akhir semester. (3) penggunaan model quantum learning pada kedua lembaga tersebut memiliki beberapa perbedaan, diantaranya: proses perencanaan pembelajaran dalam menentukan metode pembelajaran dan buku ajar. juga pada proses penilaian pembelajaran. Akan tetapi, penyajian dan penyampaian materi bahasa Arab pada kedua lembaga tersebut merupakan contoh dari penggunaan model pembelajaran quantum learning.

References

Afiyanti, Yati. “Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Keperawatan Indonesia 12, no. 2 (2008): 137–41. https://doi.org/10.7454/jki.v12i2.212.

Aseed, A Al. “The Effectiveness of the Educational Method Followed in the Series 'Between Our Children’s Hand’s in Developing Some of the Linguistic and Cognitive Skills.".” Education and Teaching Journal 1 (2016): 63–88.

Bachri, Bachtiar S. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Teknologi Pendidikan 10 (2010): 46–62.

Bayanah, Siti. “Pengaruh Suasana Kelas Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Busana Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal KELUARGA 5, no. 1 (2019): 160–66.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2007.

Chatib, Munif, Irma Nurul Fatimah, and Irawati Subrata. Kelasnya Manusia: Memaksimalkan Fungsi Otak Belajar Dengan Manajemen Display Kelas. Bandung: Kaifa, 2015.

Hendriani, Ani. “Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Administrasi Pendidikan 8, no. 1 (2011).

Kurnia, Septiawan Santana. “Quantum Learning Bagi Pendidikan Jurnalistik.” Kompas, 2003.

Legiana, Ina. “Strategi Komunikasi Pondok Pesantren Bayt Tamyiz Dalam Menyosialisasikan Metode Tamyiz (Cara Cepat Menerjemahkan Al-Qur’an),” 2019.

Mekarisce, Arnild Augina. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat.” JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat 12, no. 3 (2020): 145–51. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.

Moloeng, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Nanang, Muhammad Qosim, Muhammadiyah Magelang, Historical Linguistics View, and Muhammad Nanang Qosim. “Sosiofonologis Pelafalan Huruf / ع / Dalam Huruf Hijaiyah Pada Masyarakat Jawa,” no. January (2018): 323–32.

Porter & Mike Hernacki, B De. Quantum Learning. PT Mizan Publika, n.d. https://books.google.co.id/books?id=6_Nx2_6T2cAC.

Raswan. “Tamyiz; Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an.” Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 6, no. 1 (2017): 18–28.

Romayani, Dina. “EFEKTIVITAS METODE TAMYĪZ DALAM MENTERJEMAHKAN AL- QUR’AN SEBAGAI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Studi Eksperimen Di SMPN Satu Atap I Lelea Tahun 2014) Oleh: Dina Romayani.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 13, no. 2 (2015): 183–90. http://jurnal.upi.edu/file/05_Efektifitas_Metode_Tamyiz_-_Dina_Romayani.pdf.

Safitri, Ainun, and Raden Muhammad Arie. “Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Buku Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa Dalam Perspektif Perkembangan Anak.” Jurnal Ihtimam 5, no. 2 (2022): 119–35. https://doi.org/10.36668/jih.v5i2.405.

Setyawan, Cahya Edi, and Abdul Muthalib. “Desain Konsep Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Model Quantum Teaching.” Arabia 10, no. 2 (2018): 89–109.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta, 2019.

Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama, 2012.

Tibahary, Abdur Rahman, and Muliana. “Model-Model Pembelajaran Inovatif.” Scolae: Journal of Pedagogy 1, no. 1 (2018): 54–64.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Mutia Fiddien, & Jaladri, K. . (2024). PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PTQ TARBIYYATUL UMMAH DAN KUTTAB AL FARUQ. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 3(03), 185–201. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i03.530

Issue

Section

Articles