تحليل مشكلة فى فهم التعليم من كتاب نحو الواضح المكثف للطلاب المستوى الثاني بالمعهد الجامعة الامين الإسلامية برندوان
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i02.457Keywords:
صعوبات في الفهم والتعلم كتابAbstract
Fokus pada penelitian ini adalah apa saja yang menjadi faktor kesulitan para mahasantri dalam pembelajaran kitab nahwu al-wadih mahasiswa semester dua IDIA Prenduan dan juga bagaimana solusi mengatasi kesulitan pemahaman mahasantri semester dua IDIA Prenduan terhadap pembelajaran kitab nahwu al-wadih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor kesulitan para mahasantri dalam pembelajaran kitab nahwu al-wadih mahasiswa semester dua IDIA Prenduan dan juga untuk mengetahui peranan program perkuliahan pagi dalam mengatasi kesulitan pemahaman mahasantri semester dua IDIA Prenduan terhadap pembelajaran kitab nahwu al-wadih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang penelitianya dapat digunakan untuk meneliti ketika kondisi obyek yang alamiah. Metode penelitian kualitatif dapat digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, data yang akurat. Hasil dari penelitian ini adalah yang menjadi faktor kesulitan pemahaman mahasantri dalam pembelajaran kitab nahwu al-wadih yaitu kurangnya hafalan kosa kata bahasa Arab, penjelasan yang tidak fokus terhadap judul materi yg diajarkan, kitab yang diajarkan tidak berharakat. Adapun solusi yg dapat mengatasi kesulitan dalam memahmi kitab nahwu adalah hendaknya para guru materi nahwu lebih memfokuskan judul materi yang diajarkan, dapat mengartikan mufrodhat, untuk bagian akademik pagi dapat memisahkan kelas antara yang sudah pernah masuk pondok pesantren dengan yang tidak sama sekali.
References
Jurnal Faiq Ilah Rasiyd Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Nahwu-Shorof universitas islam negri sunan kali jaga 16 04 2019
Skripsi, Abdurrahman, Maman. Pembelajaran Nahwu Berbasis Analisis Kontrastif dan Lesson Study. 2009. Bandung: UPI
Skripsi Dewi, Ayu Ratna. Perbedaan Kemampuan Antara Lulusan SMA dan MA dalam Mempelajari Istima’ Maqal Wa Qishas pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Unnes Angkatan 2013. 2014. Semarang: UNNES
Harmawan, Acep. Metodologi Pembalajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.
Sukmadinata, Nana Syodih. Metode Penelitian Pendidikan. 2005. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.
Skripsi Rosita, Siti. 2013. Analisis Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dalam Menentukan Isim Manshub (Akusatif) pada Mata Kuliah ‘’I’rob Jumal’’ Tahun Ajaran 2012-2013. Semarang: UNNES
Saudarman Danim, Menjadi Penelitian Kualitatif (Cet. 1: Bandung: CV. Pustaka Setia, 2002), hlm,20.
Basrowi Dan Suwandi,Memahami Penelitian Kualitatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2008),hlm. 20.
Moleong J. Lexy, Penelitian kualitatif. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya,2008)hlm, 125.
Abdurrahman Fatoni. Metodologi Penelitian dan tehnik Penyusunan Skripsi. PT. Rinekha cipta. Jakarta.2006. hlm, 104-105
Dedi Mulyana. Metodologi penelitian kualitatif. Rosda. Bandung. 2006. Hlm, 120.
Noeng Muhajir, Metodologi penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996), hal. 104
Bagong Suyanto & Sutinah. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. 2005. hlm170-173
Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995). hal:24
Ni Made Dwi Widyasari et al., “Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar,” Mimbar PGSD Undiksha, vol.3, no. 1 (2015), 15
Indah Sari, “Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris,” Jurnal Manajemen Tools, vol.11, no. 01 (2019): 83.
Al-Quran Terjemah Departemen Agama RI Surabaya
Abudin Nata, Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003), hlm 47-51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 syaiful anam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.