Hubungan Tanggung Jawab Belajar dengan Kemandirian Siswa di MTs Al-Mukhlishin Galis Pamekasan

Authors

  • Moh. Maimon Atthohiri IAIN Madura
  • Ishlakhatus Saidah IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v1i2.84

Keywords:

Tanggung Jawab, Kemandirian, Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Tanggung Jawab Belajar Dengan Kemandirian Siswa. Tanggung jawab belajar sangat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Melalui tanggung jawab, seorang siswa akan mempunyai sikap dewasa dalam menjalani pembelajaran di sekolah dan dapat membantu siswa menjadi pribadi yang lebih baik. Selain tanggung jawab, kemandirian juga diperlukan bagi setiap siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini “apakah ada hubungan tanggung jawab belajar dengan kemandirian siswa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tanggung jawab belajar dengan kemandirian siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data statistik non parametrik. Pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan wawancara. Subjek yang diteliti sebanyak 8 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian non parametrik dikarenakan subjek yang diteliti hanya 8 siswa dan termasuk kedalam data ordinal. Dalam proses analisis data disini menggunakan bantuan aplikasi Software SPSS v.25. Hasil penelitian uji korelasi menggunakan rank spearman’ rho didapatkan nilai p hitung sebesar 0,952 (p hitung lebih besar dari p tabel) dan nilai signifikasi  0,000 (kurang dari 0,05). Sehingga dikatakan jika p hitung lebih besar dari p tabel dan nilai signifikan kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tanggung jawab belajar dengan kemandirian siswa yang sangat signifikan dan mempunyai tingkat hubungan yang sangat kuat.

References

Aisyah, A’an, Dkk “Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Penguasaan konten”. Indonesia Jurnal Of Guidance And Counseling. Vol. 3. No. 3. 2014.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung :PT Remaja Rosdakarya. 2011.

Hidayat, Dhani Kurnawan, Dkk. Peran Orang Tua Pengrajin Mebel Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Remaja Di Desa Langon Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Unnes Civic Education Journal, vol. 3, No. 1. 2014.

Ibrahim, Andi, Dkk. Metologi Penelitian. Dunarda Ilmu. 2018.

Laksana, Indra. Dkk. Hijas Terjemah Tafsir Per Kata. Sygma Creative Media Corp.

Mulyaningsih, Indrati Endang. “Pengaruh Interaksi Sosial keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Vol. 20. N0. 4. 2014.

Putri, Sekar Ariyanti Prahesthi. “Pengembangan Media Permainan Simulasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Smp”. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. Vol. 1. No. 1. 2016.

Rustam. “Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Bimbingan kelompok Dengan Teknik Proyeksi”. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling. Vol. 2. No. 2. 2016.

Sa’diyah, Rika. “Pentingnya Melatih Kemandirian Anak”. Jurnal Pendidikan. Vol. XVI. No. 1. 2017.

Sa’idah, Ishlakhatus. “Pengembangan Paket Interaksi Sosial Untuk Siswa Sekolah menengah”. Jurnal BK UNESA Vol. 6 No.2. 2016.

Sa'idah, Ishlakhatus, Adi Atmoko, and Muslihati Muslihati. "Aspirasi Karier Generasi Milenial." Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Vol.2. No.1. 2021.

Tafsir Jalalain, “Surat Taha Ayat 132,” Tafsir learn Qur’an, Diakses Dari Tafsir Surat Taha ayat 132 | Learn Quran Tafsir (learn-quran.co).

Tafsir Quraish Shihab, “Surat Al-Mu’minun Ayat 62,” Tafsirq.Com, Diakses Dari Surat Al-Mu’minun Ayat 62 | Tafsirq.com.

Trisnawati, Destya Dwi. “Membangun Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sma Khadijah Surabaya Melalui Implementasi Tata Tertib Sekolah”. Kajian Moral dan Kewarganegaraanu. Vol. 2. No. 1. 2013.

Yasmin, Lutfia Faizatul. Dkk. “Hubungan Disiplin Dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa”. Jurnal pendidikan. Vol. 1. No. 4. 2016.

Downloads

Published

2022-02-25

Issue

Section

Articles