Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Rasional Emotive Behavioral Therapy terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa SMK Negeri 1 Kanor Bojonegoro

Authors

  • Ahmad Budianto Institut Attanwir Bojonegoro
  • Muhammad Faizin Institut Attanwir Bojonegoro
  • Siti Nur Azizah Institut Attanwir Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v4i2.601

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Rasional Emotive Behavioral Therapy, Kecemasan Menghadapi Ujian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik Rasional Emotive Behavioral Therapy terhadap kecemasan  menghadapi ujian Siswa APHP 1 SMK Negeri 1 Kanor Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre Ekperimental design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Kanor sebanyak 26 Siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sejumlah 26 siswa. Peneliti menggunakan pengumpul data berupa skala Likert dengan alternatif 4 pilihan jawaban yakni sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Skala di-tryout-kan ke siswa jurusan BDP 1 SMK Negeri 1 Kanor sebelum ke sampel penelitian. Uji validitas dengan rumus product moment dari 50 item skala kecemasan menghadapi ujian diketahui bahwa 38 item valid dan 12 item gugur, Uji reliabilitas dengan rumus cronbach’s alpha skala kecemasan menghadapi ujian diperoleh nilai 0, 906 setelah tryout dengan 38 item valid diperoleh nilai 0,810. Uji analisis data dengan menggunakan rumus Mann Whitney U Test diketahui rata-rata kelompok kesatu sebesar 9.50 lebih rendah dibandingkan rata- rata peringkat kedua yaitu 3.50 Hal ini menunjukkan bahwa nilai rerata pretest pada 6 subjek lebih tinggi daripada nilai rata-rata posttest. Jika U sebesar 0,000 dan nilai W sebesar 21:00 yang jika dikonversi ke nilai Z adalah -2.882. Nilai Sig 0,004 < daripaada 0,05 yang berarti terdapat perbedaan antara kelompok pretest dan posttest maka Ha diterima, yang artinya ada Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Rasional Emotive Behavioral Therapy Terhadap kecemasan menghadapi ujian siswa SMK Negeri 1 Kanor.

References

Ananda, R., & Fadhli, M. (2013). Implementasi Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Astuti, B., Kurniasari, M., & Purnama, D. S. (2024). Peningkatan Keterampilan Guru BK dalam Menentukan Diagnosis dan Prognosis Masalah Siswa menggunakan Pendekatan REBT. DA'WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 4(1).

Corey, G. (2009). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama.

Daryanto & Farid, M. (2015). Bimbingan Konseling Panduan Guru Bk dan Guru Umum. Yogyakata: Gava Media.

Dinkmeyer, D. C., & Muro, J. J. (1979). Group Caunseling: Theory and Practice. edisi kedua. Itasca IL: Peacock.

Faizin, M. (2024). Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Mereduksi Kecemasan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir. DA'WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 3(2), 1-11. https://doi.org/10.36420/dawa.v3i2.413

Faizin, M. (2024). Urgensi Psikologi Komunikasi dalam Layanan Konseling Individu. Psycho Aksara: Jurnal Psikologi, 2(1), 53-62.

Hude, D. (2006). Emosi-Penjelajahan Religio-Psikologis tentang Emosi Manusia Dalam Al Qur'an. Jakarta: Erlangga.

Ilman, S. Z., & Vonna, N. D. (2022). Hipnoterapi dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan pada Gangguan Fobia. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 2(1), 47-55.

Natawidjaya, R. (2009). Konseling kelompok Konsep dasar & Pendekatan. Bandung: Rizq.

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Green, B. (2018). Abnormal Psychology In A Changing World (https://www.amazon.com/Abnormal-Psychology-Changing-World- 10th/dp/0134484924).

Notosoedirdjo, M. & Latipun. (2007). Kesehatan Mental edisi Keempat (Konsep dan Penerapan). Malang: UMM Press.

Prayitno, dkk. (2014). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok yang Berhasil. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sammy A., Walasary, dkk. (2019). Tingkat Kecemasan Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Ambon Dalam Menghadapi Ujian. Jurnal Ilmiah Kedokteran Klinik. 3 (1).

Tohirin. (2014). Bimbingan Konseling disekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Budianto, A., Faizin, M., & Nur Azizah, S. (2025). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Rasional Emotive Behavioral Therapy terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa SMK Negeri 1 Kanor Bojonegoro. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 4(2), 41–49. https://doi.org/10.36420/dawa.v4i2.601

Issue

Section

Articles