Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Mereduksi Kecemasan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir
DOI:
https://doi.org/10.36420/dawa.v3i2.413Keywords:
Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Kecemasan Karir, Mahasiswa Tingkat AkhirAbstract
Datangnya perasaan cemas pada mahasiswa semester akhir bisa berimbas pada gangguan psikologis seperti stres, sulit tidur atau insomnia, sering merasa cemas, frustasi, gampang marah, kehilangan motivasi, dan menunda menyelesaikan tugas akhir. Mereka cemas akan menganggur setelah lulus studi di perguruan tinggi. Walaupun sesungguhnya hal ini belum tentu terjadi, tapi tentunya hal tersebut membahayakan kesejahteraan individu pada mahasiswa semester akhir di masa yang akan dating. Penelitian mengenai penerapan bimingan kelompok dengan teknik diskusi untuk mengatasi kecemasan karir mahasiswa semester akhir ini menggunakan penelitian tindakan dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menekankan pada kegiatan (tindakan) dengan menguji cobakan suatu ide ke dalam suatu praktek atau situasi nyata. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat digunakan untuk mengatasi kecemasan karir mahasiswa semester akhir di Institut Attanwir Bojonegoro. Hal ini dapat dilihat melalui perubahan yang terjadi pada anggota kelompok dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga seiring dengan treatment yang dilakukan saat sesi bimbingan kelompok. Dalam pelaksanaan tindakan untuk mengatasi kecemasan karir akan lebih optimal lagi apa bila mahasiswa menanamkan sifat optimisme, berfikir positif, mengetahui potensi yang dimiliki entah itu dari keluarganya maupun dari dirinya sendiri dan didukung oleh teman sebaya, serta orang tua berperan aktif dan efektif dalam mengatasi kecemasan yang dialami mahasiswa tingkat akhir.
References
Afifuddin, & Ahmad. B, (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Pustaka Setia Amrico.
Basri, H. 2013. Landasa Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Chaplin, P. J. (2000). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dinda muchtiarachmah & anastasia sri maryatmi. (2019). "Hubungan antara regulasi diri dan pshychological well being dengsn kecemasan dakam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir jurusan kesejahteraan sosial UIN Syarief Hidayatullah Jakarta". Jakarta: Universitas Persada Indonesia.
Engkus Kuswarno. Tradisi fenomenologi pada penelitian komunikasi kualitatif: sebuah pengalaman akademis. Vol 7, No. 01. 2006
Fauzi Marjan Afrizal Sano, & Ifdil, "Tingkat kecemasan mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam menyusun skripsi" (2018) Jurnal Penelitian Guru Indonesia - JPGI (2018) Print ISSN: 2541-3163 - Online ISSN: 2541-3317 http://jurnal.iicet.org | DOI: https://doi.org/10.29210/02247jpgi0005 Vol 3 Nomor 2, 2018, hlm 84-89.
Gede Tresna. 2011 “Efektifitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Desensitiasi Sistematis untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian”, Jurnal UPI (online), 1 (2011), 93.
Ghony, D. & Almanshur, F. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Jeffrey S. Nevid dkk. (2005). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga, hlm 164.
Jhon W. Santrock. (2002). Perkembangan masa Hidup, Terj Chusairi dan Juda Damanik, Jakarta: Erlangga, hlm 67.
Kanisius. (2010). Teori Kepribadian dan Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius, hlm 88.
Prasetyono, Dwi Sunar. (2007). Metode Mengatasi Cemas dan Depresi. Yogyakarta: Oryza, hlm 24.
John, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan, Edisi kedua, Alih Bahasa, Tri Wibowo BS. Jakarta: Prenadamedia Group.
Linda Feronika. (2016). "Studi Analisis tenang Kesulitan Membaca (Dyslexia) serta Upaya Mengatasinya pada Siswa SD Muhammadiyah 22 Sruni, Surakarta." Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Martini, J. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif Asesmen dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mera rizkina. (2013). “Upaya Meningkaatkan Keaktifan Siswa dalam Diskusi Kelompok melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIIE di SMPN 19 Semarang” http://journal unnes.ac.id, Maret 2013.
Moeloeng, J. L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Miftakhul. (2017). "Hubungan antara Efikasi Diri dengan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Psikologi Universitas Mercu Buana Jakarta." Jakarta: Universitas Mercu Buana.
Mirah, Indriyanti, "Pengaruh Kecemasan Karir terhadap Commitment to Career Choise dengan Pendekatan sebagai Predikator," Jurnal Psikologi Insight, vol. 2, No. 1, April 2018: hlm 74-89.
Nadira & zarfier. (2019). Hubungan antara Penerimaan Diri dan Kecemasan Menghadapi Masa Depan pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jakarta: Rinneka Cipta.
Navid, rathus & greene. (2005) Psikologi abnormal. Jakarta: Erlangga.
Prayitno. (2004) Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: jurusan bimbingan Konseling Universitas Negeri Padang.
Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipita.
Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), (Jakarta: Rajawali Pers).
Ubaedy, & An. (2007) Kedahsyatan Berpikir Positif. Jakarta: vision.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Faizin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.