Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Kelas 11 IPS di SMA Sunan Kalijogo Jabung

Authors

  • Fayrus Abadi Slamet IAI Sunan Kalijogo Malang
  • Rif’atul Fadlillah IAI Sunan Kalijogo Malang

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v3i2.435

Keywords:

Peran Guru BK, Bullying, Siswa

Abstract

Peran dari guru bimbingan dan konseling di sekolah adalah untuk memberikan bantuan pada siswa dalam menemukan konsep diri, memfasilitasi siswa menyesuaikan diri terhadap hambatan yang mereka terima, melakukan bimbingan dan konseling kepada siswa, membantu dalam proses perkembangan siswa dalam hal minat, bakat, hobi, dan ketrampilan social. Guru BK melaksanakan tugas dan perannya sesuai dengan kewajiban yang diberikan, salah satunya mengatasi permasalahan sosial. Perilaku bullying yang terjadi di kelas 11 IPS di SMA Sunan Kalijogo Jabung, merupakan masalah yang harus diatasi, karena bullying verbal maupun non verbal yang telah terjadi pada siswa. Dengan tujuan untuk mengetahui program BK yang dijalankan, mengetahui berjalannya bimbingan dan konseling pada siswa yang terkena masalah bullying dan dampak yang ditimbulkan dari bullying. Jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis deskriptif, data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa guru bimbingan dan konseling dapat menjalankan kinerja sesuai dengan layanan dan program yang sudah ditetapkan lembaga sekolah dan panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling dengan menerapkan program yang bertujuan untuk membantu perkembangan siswa. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku bullying di kelas 11 IPS SMA Sunan Kalijogo termasuk pada dampak seperti tidak masuk sekolah, siswa menjadi pendiam, siswa mengalami luka fisik, dan keluar dari sekolah.

References

Afriana, Dina, Yusmansyah, and Diah Utaminingsih. 2013. “Upaya Mengurangi Perilaku Bullying Di Sekolah Dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok.” Jurnal BK Universitas Lampung.

Atmojo, Bayu Seto Rindi Wardaningsih, Shanti. 2017. “Atmojo, Bayu Seto Rindi Wardaningsih, Shanti.” Bhamada: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan (E-Journal) 10 (2): 17–17.

Bu’ulolo, Saferius, Sri Florina L. Zagoto, and Bestari Laia. 2022. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di Sma Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021.” Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling) 2 (1): 53–62. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.376.

Diana Vidya Fakhriyani. 2019. Kesehatan Mental. Early Childhood Education Journal.

Fifin Dwi Purwaningtyas. 2020. “Pengasuhan Permissive Orang Tua Dan Kenakalan Pada Remaja.” Jurnal Penelitian Psikologi 11 (1): 1–7. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.337.

Harahap, Nurintan Muliani, and Amril Maryolo. 2018. “Konseling Multikultural: Upaya Preventif Bullying Pada Lesbian Di Masyarakat Dan Sekolah.” Palita: Journal of Social-Religion Research 3 (1): 66–79. https://doi.org/10.24256/pal.v3i1.194.

Kemendikbud. 2016. “Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP).”

Khadijah, S. 2018. “Peran Guru BK Dalam Mengatasi Masalah Siswa Berkepribadian Introvert Di MTs Al Wasliyah Tebing Tinggi (Doctoral Dissertation).” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Lattu, Desje. 2018. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan 2 (1): 61–67. https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i1.236.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Raco, Jozef. 2018. “Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya.” https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj.

Slamet, Fayrus Abadi, and Laila Ummi Nadzifah. 2022. “Peran Guru Bk Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Siswa Di Ma Attaraqqie Kota Malang.” Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4 (1): 33–41.

sugiyono. 2014. “Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif.” Wacana 13 (2): 177–81.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.” In . Bandung: Alfabet.

Thalaba, Jurnal, and Pendidikan Indonesia. 2021. “Konseling Kelompok Behavior Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa SMP LATAR BELAKANG MASALAH Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Atau Junior High School Merupakan Jenjang Pendidikan Dasar Pada Pendidikan Formal Di Indonesia Setelah Lulus Sekolah Dasar ( A” 4 (1): 17–29.

Trisnani, Rischa Pramudia, and Silvia Yula Wardani. 2019. “Perilaku Bullying Di Sekolah.” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 1 (1): 1–11. https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.37.

Yunika, Riri, Alizamar Alizamar, and Inda Sukmawati. 2013. “Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Di SMA Negeri Se Kota Padang.” Konselor 2 (3): 21–25. https://doi.org/10.24036/02013232163-0-00.

Downloads

Published

2024-02-24