Efektivitas Bimbingan Klasikal Menggunankan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik di MTs Islamiyah Sukopuro Malang

Authors

  • Luluk Nabilatul Husna IAI Sunan Kalijogo
  • Fayrus Abadi Slamet IAI Sunan Kalijogo

DOI:

https://doi.org/10.36420/dawa.v2i2.215

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Sosiodrama, Kepercayaan Diri

Abstract

Kepercayaan diri merupakan kunci motivasi diri. Karena individu tidak dapat menjalani hidup dengan baik tanpa kepercayaan diri. Efektivitas, keyakinan pada diri sendiri baik itu tingkah laku, emosi dan kerohaniaan yang bersumber dari hati nurani untuk mampu melakukan segala sesuatu sesuai dengan kemampuan percaya diri yang baik.Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas bimbingan klasikal menggunakan teknik sosiodrama untuk menigkatkan kepercayaan diri peserta didik di MTS ISLAMIYAH Sukopuro. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis one group pretest-posttest yang dimana sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di Mts Islamiyah Sukopuro Metode penggumpulan data disini menggunakan angket juga dokumen foto-foto. Berdasarkan hasil penelitian, hasil rata-rata skor kepercayaan diri sebelum diberikan treatment (pretest) 64,6. Sedangkan hasil setelah mengikuti layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan teknik sosiodrama mengalami peningkatan menjadi 93,2. Dari hasil uji-T Independent non parametrik mengunakan SPSS versi 24 diperoleh nilai asymp sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0,000 lbh dr 0,005). Maka dengan demikian kepercayaan diri peserta didik terdapat perubahan setelah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan teknik sosidrama. Jadi ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan teknik sosiodrama efektif dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di MTs Islamiyah Sukopuro.

References

Andriati, Novi. 2015. “Pengembangan Model Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri.” Jurnal Bimbingan Konseling 4 (1): 36–42. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/6873/4939.

Djannah, Wardatul, and Ayom Yulita. 2011. “Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII B SMP Kristen 1 Surakarta.” Jurnal Artikel, no. 1: 166–85.

Ekaningtyas, Dita Puspita. 2018. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama.” Paedagogie 13 (2): 71–76. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i2.2368.

M Rahman, Muzdalifah. 2014. “Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 2 (2): 285. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i2.4241.

Nurliana, Yetti. 2017. “Konsep Diri Remaja.” Psikologi & Kemanusian 4 (2): 978–79.

Pratiwi, Iffa Dian, and Hermien Laksmiwati. 2016. “Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri ‘X.’” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan 7 (1): 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49.

Roshita, Ita. 2015. “Upaya Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama.” Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling 1 (2): 29–35.

Setiawan, Fatoni Agung. 2007. “Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.”

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.” In . Bandung: Alfabet.

Tanjung, Zulfriadi, and Sinta Amelia. 2017. “Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 2 (2): 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000.

Tresnawati, Tresnawati, Wahyu Hidayat, and Euis Eti Rohaeti. 2017. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Sma.” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 2: 116–22. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.616.

Winarlin, Retno, Blasius Lasan, and Widada Widada. 2016. “Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Smp.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling 1 (2): 68–73. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p068.

Yusuf, Syamsu. 2006. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT REMAJA ROSDAKRYA.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Husna, L. N. ., & Slamet, F. A. . (2023). Efektivitas Bimbingan Klasikal Menggunankan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik di MTs Islamiyah Sukopuro Malang. DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 2(2). https://doi.org/10.36420/dawa.v2i2.215

Issue

Section

Articles