PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN TARJAMAH BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v4i02.632Keywords:
pendekatan kontekstual, tarjamah bahasa Arab, pembelajaran bahasa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan tarjamah (terjemahan) bahasa Arab siswa di MAN Pematangsiantar. Pendekatan kontekstual dipilih karena dianggap dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata siswa, sehingga proses belajar menjadi lebih bermakna dan relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-test post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI di MAN Pematangsiantar yang dipilih secara acak. Kelompok eksperimen menerima perlakuan berupa pembelajaran tarjamah bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan tarjamah yang terdiri dari soal terjemahan teks bahasa Arab ke bahasa Indonesia, yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan kemampuan tarjamah yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol, yang menunjukkan perbedaan yang tidak signifikan. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen (p-value < 0,05), sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan tarjamah bahasa Arab siswa secara signifikan. Oleh karena itu, pendekatan kontekstual sangat dianjurkan untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam meningkatkan keterampilan tarjamah siswa
References
Isa, R. (2009). Pemilihan Kepala Daerah Langsung Sebagai Legitimasi Kepemimpinan di Era Otonomi Daerah. Jurnal Inovasi, 6(02).
Lukmana, B. H. (2017). Hubungan antara dukungan kelompok sosial dengan perilaku pemilih pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015.
Maate, S. (2018). Konteks Demokrasi Lokal dan Problemantika Otonomi Daerah. SOSIORELIGIUS: JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI AGAMA, 3(1).
Putra, P., & Rakhmadi, R. (2023). Dinasti Politik Dalam Pemilukada dan Otonomi Daerah: Kajian tentang Dinamika Pemilukada Tahun 2020. Jurnal Terekam Jejak, 1(1), 1-23.
Putri, L. E. (2023). Dinamika Politik Hukum Pemilihan Umum Di Indonesia Menurut Pandangan Pancasila. JURNAL AZ-ZAWAJIR, 3(2), 54-63.
Rahawarin, Z. A. (2022). Buku Dinamika politik uang dalam pemilihan kepala daerah.
Rahawarin, Z. A. (2022). Dinamika politik uang dalam pemilihan kepala daerah.
Rosyada, D. (2017). Madrasah dan profesionalisme guru dalam arus dinamika pendidikan Islam di era otonomi daerah. Kencana.
Yusyanti, D. (2015). Dinamika Hukum Pemilihan Kepala Daerah Menuju Proses Demokrasi Dalam Otonomi Daerah. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 4(1), 85-104.
Zuhro, R. S. (2018). Demokrasi, otonomi daerah dan pemerintahan indonesia. Interaktif: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syarifah Aulia, Siti Nur Fadillah, Sari Annisa Siregar, Sahkholid Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.