Al-Qur'an sebagai Pradigma Pendidikan Agama Islam Multikultural

Authors

  • Muhammad Syaiful Universitas Nahdhatul Ulama Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i02.59

Keywords:

Pendidikan, multikultural, al-Hujurat

Abstract

Pentingnya Pendidikan Islam Multikultural di Indonesia menjadi suatu keniscayaan mengingat Indonesia merupakan Negara multi etnis, suku, ras, budaya dan Agama. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengungkap bagaimana al-Qur’an memandang Pendidikan Islam Multikultural dalam kontek yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research, dengan teknik pengumpulan data melalui data-data pustaka berupa teks yang terdapat di buku, artikel, makalah dan sumber-sumber tertulis lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Allah SWT secara sengaja menjadikan umat manusia dengan
beragam suku, ras, bahasa, budaya, agama dan keunikan-keunikan lain dengan tujuan untuk untuk menumbuhkan sikap toleransi satu dengan yang lain. Pendidikan Islam Multikultural dalam praktek yang lebih luas harus di arahkan kepada penerimaan terhadap perbedaan-perbedaan tersebut sehingga akan mengahasilkan peserta didik yang terbuka terhadap segala bentuk prbedaan sebagai suatu hukum alam dan sunnatulah.

References

Ali, Syaikh Muhammad Ma’sum bin. 1992. Amtsilatul at-Tashrifiyah. Semarang, Cv.

Pustaka Al-Alawiyah.

Departemen Agama RI, 1992. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: CV. Asy-Syifa’.

Fauzi, Imron. 2012. Manajemen Pendidikan ala Rasulullah. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.

Gusmian, Islah. 2002. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika Hingga Ideologi.

Bandung, Teraju.

Harto, Kasinyo. 2014. Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis

Multikultural. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mahfud, Choirul. 2010. Pendidikan Multikultuiral. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhadjir, Noeng. 1996. Metode Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Rake Sarasin.

Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multikultural: Konsep dan

Aplikasi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Nata, Abuddin. 2000. Al-Qur’an dan Hadis (Dirasah Islamiyah I. Jakarta: PT. Raja

Grafind

Rajafi, Ahmad. 2014. Nalar Fiqh Muhammad Quraish Shihab. Yogyakarta: Istana

Publishing.

Riwayadi, Susilo dan Suci Nur Anisyah. 2009. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.

Surabaya: Sinar Terang.

Sulalah. 2011. Pendidikan Multikultural: Diaktika Nilai-Nilai Universitas Kebangsaan.

Malang: UIN-Maliki Press.

Suryana, Yaya & Rusdiana. 2015. Pendidikan Multikultural: Suatu Upaya Penguatan Jati

Diri Bangsa Konsep, Prinsip, dan Implementasi. Bandung: Pustaka Setia.

Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme Tantangan-Tantangan Global Masa Depan Dalam

Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Grafindo.

Yaqin, M. Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk

Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.

Downloads

Published

2022-03-23

How to Cite

Muhammad Syaiful. (2022). Al-Qur’an sebagai Pradigma Pendidikan Agama Islam Multikultural. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 1(02), 96–104. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i02.59

Issue

Section

Articles