Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Ramah Anak

Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Ramah Anak

Authors

  • M Mansyur STAI Miftahul Ulum Pamekasan
  • Ibadurrahman UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Halim STAI Miftahul Ulum Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i01.42

Keywords:

Pendidikan, Bahasa Arab, Ramah Anak

Abstract

Laporan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) memaparkan beberapa tindak kekerasan yang telah mencederai wajah pendidikan di indonesia, terdapat 84% siswa pernah mengalami kekerasan di sekolah, 45% siswa laki-laki yang melaporkan pihak sekolah telah melakukan kekerasan, 40%  dengan rentan usia 13-15 tahun mengalami kekerasan dari teman sebaya, 75% Siswa mengaku pernah melakukan yang namanya kekerasan, 50% anak melaporkan mengalami perundungan (Bulliying) di sekolah.[1]

Pola pendidikan seperti diatas pernah dijalankan di SD Al-Qur’an Ummul Quro sebelum diperbaiki dan dirubah dengan pola pendidikan yang penuh dan lebih menekankan terhadap nilai-nilai kasih sayang kepada anak didik. Praktek kekerasan mental dan fisik, pemaksaan terhadap suatu kehendak guru sangat berimplikasi terhadap menurunnya kuantitas siswa yang menempuh pendidikan di lembaga tersebut.[2]

Berangkat dari keprihatinan itulah, maka aturan-aturan dan pola pembelajaran dan pengajaran di SD Al-Qur’an Ummul Quro dibenahi dan dirubah melalui instruksi pimpinan pondok, direktur pondok dan ketua yayasan Ummul Quro yaitu menerapkan pola pendidikan, pembelajaran dan pengajaran yang lebih santun, kasih sayang terhadap anak atau siswa, melindungi anak dari tindak kekerasan dan pemaksaan terhadap kehendak guru.

Penelitian ini terdiri dari tiga fokus  1). Bagaimana Perencanaan Pendidikan bahasa arab berbasis ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro?. 2). Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan bahasa arab berbasis ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro?. 3). Bagaimana Evaluasi Pendidikan bahasa arab berbasis ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro?.

Penelitian ini menggunaka pendekatan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan pendidikan bahasa arab berbasis ramah anak yang dilakukan oleh pihak sekolah meliputi 2 unsur penting yaitu: materiil dan non materiil berupa penyediaan sarana prasarana, fasilitas, media pembelajaran yang menunjang keselamatan anak dan hak-hak anak. Begitu juga dengan unsur non materiil berupa sosialisasi terhadap semua elemen yang berada dibawah naungan Yayasan Ummul Quro. 2). Pelaksanaan Pendidikan bahasa arab berbasis Ramah Anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro dilaksanakan menjadi 2 (Dua) Bagian kegiatan yaitu di dalam kelas Quro mengacu kepada kebijakan dan aturan yang berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak didik dan di luar kelas di SD Al-Qur’an Ummul Quro membentuk kegiatan ekstarkurekuler yang berorientasi pada peningkatan minat, penggalian inovasi dan kreatifitas. 3). Evaluasi pendidikan bahasa arab berbasis ramah anak di SD Al-Qur’an Ummul Quro dilaksanakan setiap akhir semester bersama Direktur Pondok dan Yayasan beserta lembaga-lembaga lainnya dan setiap akhir bulan bersama kepala sekolah dan Dewan guru SD Al-Qur’an Ummul Quro sebagai evaluasi internal sekolah. Pelaksanaan Evaluasi tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu evaluasi internal yang hanya melibatkan kepala sekolah dan para guru serta komete SD Al-Qur’an Ummul Quro. Sedangkan evaluasi eksternal di lakukan oleh pihak yayasan dan direktur pondok pesantren Ummul Quro As-Suyuty

 

[1]Permendikbud 82/2015, Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan,. Diakses pada tanggal 08 Maret 2019

[2]Wawancara langsung dengan kepala sekolah SD  Al-Qur’an Ummul Quro ( 02/10/2019)

References

Buna’i, 2006, Metodologi Penelitian Pendidikan (Pamekasan: STAIN Pamekasan

Press)

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, 2009, Strategi Pembelajaran Bahasa

(Bandung: Pt. Remja Rosdakarya).

Afifuddin& Beni Ahmad Saebani, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif

(Bandung:Pustaka Setia)

Djunaidi Ghony dan Fauzan Almanshur, 2014, Metode Penelitian Kualitatif

(Jogjakarta:Ar-Ruzz Media)

Kasiram, Moh, 2010, Metodologi Penelitian Refleksi Pengembangan Pemahaman

dan Penguasaan Metodologi Penelitian (Malang: UIN-Maliki Press)

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R &D (Bandung:

Alfabeta)

Suharsimi Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian (Jakarta : PT Renika Cipta)

Kemendikbud, 2016, Panduan Sekolah Ramah Anak, Direktorat Jendral Pendidikan

Dasar dan Menengah.

Emzir, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data (Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada)

Syaefuddin Sa’ud, 2011, Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Konferhensif,

(Bandung: Rosda Karya)

Lexy J. Moleong, 2011, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja

Rosdakarya)

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

M Mansyur, Ibadurrahman, & Halim. (2021). Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Ramah Anak: Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Ramah Anak. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 1(01), 34–45. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i01.42

Issue

Section

Articles