Implementasi Kitab “Sullamun Nahwiyah” Untuk Meningkatkan Maharotul Qiroah Di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Kelas VI B Miftahul Ulum Kebun Baru
Implementasi Kitab “Sullamun Nahwiyah” Untuk Meningkatkan Maharotul Qiroah Di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Kelas VI B Miftahul Ulum Kebun Baru
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i01.41Keywords:
Sullamun Nahwiyah, Maharah Qira'ahAbstract
digunakan dalam proses pembelajaran, dan didalamnya membahas tentang kaidah-kaidah nahwiyah yang bisa membantu meningkatkan pemahaman tentang keilmuan, khususnya di madrasah ibtidaiyah Diniyah Putri Miftahul Ulum Kebun Baru. Kitab ini merupakan kitab yang digunakan sebagai bahan ajar pembalajaran untuk meningkatkan Maharoh Qiroah.
Sebelum lembaga ini menggunakan kitab sullamun nahwiyah siswi di lembaga tersebut kesemangatannya tentang kaidah kaidah nahwiyah sangat minim lebih lebih dalam maharoh qiroah karna siswi hanya berasumsi bahwa kitab nahwu tidak mempunyai dampak apa apa dalam pembelajaran. Sehingga kesemangatan siswi sangat minim lebih-lebih dalam maharoh qiroah yang disebabkan kurangnya motivasi dan pembelajaran yang kurang menarik untuk siswi, akan tetapi setelah lembaga berinisiatif mengimplementasikan kitab sullamun nahwiyah 75% kesemangatan dalam jiwa mereka dan nilai-nilai yang mereka hasilkan dalam ujian bertambah meningkat dan membaik, sehingga Melihat terhadap permasalahan yang kami temukan di lembaga Madarasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Miftahul Ulum Kebun Baru. Melihat dari konteks penilitian diatas secara khusus fokus penelitian ini dirumuskan pada beberapa masalah sebagai berikut: (1). Bagaimana Implementasi Kitab Sullamun Nahwiyahuntuk meningkatkan Maharotul Qiroah di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri kelas 6B Miftahul Ulum Kebun Baru.? (2). Bagaimana Problematika dan Solusi Implementasi Kitab Sullamun Nahwiyahuntuk meningkatkan maharotul qiroah di madrasah ibtidaiyah diniyah putri kelas 6B Miftahul Ulum Kebun Baru?
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil sari penelitian ini adalah (1). Implementsi Kitab Sullamun Nahwiyahuntuk meningkatkan Maharotul Qiroah di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Putri Kelas 6B MiftahulUlum KebunBaru yaitu: Pertama, Guru Memerintahkan murid membuka kitab, setelah itu, murid diberikan kebebasan membaca sesuai dengan kemauan mereka. Berselang beberapa lama, guru mengadakan diskusi antar guru dan murid terkait pemahaman mereka dalam membaca teks. Disamping itu, pendalam terhadap qaidah nahwu turut pula menjadi konsentrasi dalam penerapan iniKedua, guru menggunakan metode Muhafadhoh, tanya jawab dan Takrir (Pengulangan) sehingga guru bisa mengetahui perkembangan diantara beberapa siswi.Sehingga berdampak positif dalam ilmu membaca diantaranya dapat memberikan siswa kemudahan dalam memahami tradisi baca kitab dan dapat membaca secara lancar dan baik, mengetahui kedudukan dengan lafad yang dibaca. (2). Problematika dalam implentasi kitab Sullamun Nahwiyah terbagi menjadi dua yaitu bersumber dari murid ketika di dalam kelas berupa tertidurnya siswi ketika proses belajar mengajar berlansung. Maka Solusi yang dimiliki oleh pendidik yaitu dengan menyuruh siswi yang tidur untuk membaca didepan kelas dan menyuruh siswi untuk mengambil wuduk. Serta bersumber dari guru yaitu terkait implementasi Kitab Sullamun Nahwiyah penjelasannya berputar putar sehingga sulit untuk difahami, dihafal, dan di ingat-ingat. Maka solusi yang ditempuh yaitu dengan mencatat penjelasan dari guru, mencatat pokok-pokok yang dianggap sulit untuk difahami, dan terus mempelajarinya.
References
Abu Zakariya Yahya bin Syarif An-Nawawi, riyaduhush shalihin, surabaya,
alhidayah.
Arikunto Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Yogyakarta: Rineka Cipta.
B uno Hamzah,2009 , (perencanaan pembelajaran), jakarta PT bumi aksara
Bahri Syaiful dkk,2014, strategi belajar mengajar, jakarta pt rineka cipta.
Bisri abid, AF munawwir , Al bisri kamus indonesia arab, surabaya, pustaka
progresif.
Depdiknas BahasaPusat, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai
Pustaka.
Diknas, 2004, pedoman umum pemilihan dan pemanfaatan bahan ajar ( jakarta:
ditjen dikdasmenum.
Echols jonh M dan Shadily hassan, 2000,Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta:
Gramedia.
Husamah, &Yanur Setyaningrum, Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian
Kompetensi, Prestasi Pustakaraya.
Ismawati, 2017 “Variasi Metode Pembelajaran Dalam Ekselarasi Baca Kitab
Kuning Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah Ibtidaiyah
Mahkamatul Ulum Urib Palengaan Laok Palengaan Pamekasan Tahun
Pelajaran 2016-2017” Skripsi program studi pendidikan agama islam,
Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan.
Jamaluddin, 2003, Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra,yogyakarta,
AdiCita Karya Nusa.
Agostiono, 2018, Implementasi Kebijakan Publik Model Van Meter dan Van Horn
,(ttp//kertyawitaradya. wordpre ss, diakses 27 September 2018).
Agostiono,2018 Implementasi Kebijakan Publik Model Van Meter dan Van Horn
,(ttp//kertyawitaradya. wordpre ss, diakses 27 September).
Dokumentasi MD PUTRI Miftahul Ulum
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tanfidziya: Journal of Arabic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.