Hubungan Bahasa Arab Dengan Psikologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Psikolinguistik

Hubungan Bahasa Arab Dengan Psikologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Psikolinguistik

Authors

  • Habiburrahman IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i01.40

Keywords:

Arabic Language, Learning Psychology, Psycologi Linguistic

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa asing ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran, diantaranya sistem bahasa (aspek linguistik), sistem pembelajaran (aspek metodologis), dan sistem psokologis (aspek psikolinguistik). Psikolinguistik sangat erat kaitannya dengan pembelajaran bahasa, karena di samping ruang lingkup pembahasan psikolinguistik mencakup pembahasan fenomena pemerolehan dan pembelajaran bahasa, ia juga membahas bagaimana pembelajaran bahasa yang baik. Begitu juga pembelajaran bahasa Arab, yang meliputi prinsip pendidikan, prinsip psikologis, dan prinsip linguistic. Ketiga prinsip ini merupakan titik temu antara linguistik dan dan pembelajaran bahasa. Disini penulis akan memaparkan titik temu psikolinguistik dengan pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan prinsip pembelajaran, psikologis dan linguistis secara desktiptif-metodologis dalam konteks hubungan pembelajaran Bahasa Arab dan psikologi dalam tinjauan psikolinguistik.

References

Abdul Majid `Azali, Ta`Allum Al Lughot Al Khayyah Wa Taklimuha: Baina

Nadhariyyah Wa Tadbiq, Kairo: Maktabah Lubnan.

Abdul Majid Ahmad mansur, Ilmu Al Lughoh Al Nafsy, Riyad: Jami`ah Malik Sa`ud,

Abdurrahman Ibrahim Fauzan, Idhoaat li muallimi Al Lughoh Al Arabiyah li Ghoiri Al

Natiqiin Bihaa, Riyad: Al Arabiyah Li Jami`, 2011.

Ali Madzkur, Khasaais Al Mu`Allim Al Asry Wa Adwaaruhu: Al Isroof Alaihi Wa

Tadribuhu, Kairo: Darul Fikr.

Chaer Abdul, Psikolinguitik Kajian Teoritik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015.

Dardjowidjojo Soenjono, Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia,

Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2003.

Djamarah, Bahri, Syaiful & Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.

Rineka Cipta, 1996.

Djiwandono, M. Soenardi. Tes Bahasa Dalam Pengajaran , Bandung : ITB, 1996.

Mar’at, Samsunuwiyati, Psikolinguistik – Suatu Pengantar, Cetakan Kedua, Bandung:

PT Refika Aditama, 2009.

Mulyadi, Pengantar Psikologi Belajar, Malang : Biro Ilmiyah Fak. Tabiyah IAIN

Sunan Ampel Malang, 1984.

Pateda Mansoer, Aspek-Aspek Psikolinguistik, Yogyakarta : Kanisius, 1990.

Sholichin Muchlis, Psikologi Belajar PAI, Pamekasan : STAIN Pamekasan Press, 2006.

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan suatu Pendekatan Baru, Bandung: Rosdakarya,

Zulvia Kholid. Pendekatan Student Centred Dalam Pengajaran Struktur Bahasa Inggris

p://.bl.ac.id/padma/berita/edisi 2003/pendekatan

http://aryjanoe10.blogspot.com/2011/11/aspek-psikologis-belajar-bahasa.html

http://burzailmu.blogspot.com/2010/12/peran-psikolinguistik-dalam.html

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Habiburrahman. (2021). Hubungan Bahasa Arab Dengan Psikologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Psikolinguistik: Hubungan Bahasa Arab Dengan Psikologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Psikolinguistik. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 1(01), 64–77. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i01.40

Issue

Section

Articles