STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Nurul Fitria Aprilia Institut Agama Islam Badrus Sholeh Kediri

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i01.396

Keywords:

Pembelajaran, Bahasa Arab, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian mengenai pendidikan bahasa Arab telah banyak mengulas mengenai pembelajaran pada jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA yang sebagian besar memperlihatkan teori pembelajaran bahasa Arab teoritis dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk menampakkan bentuk pengaplikasian teori pendidikan bahasa Arab bahasa Arab pada jenjang PAUD, serta melihat strategi yang dipergunakan oleh guru atau sekolah serta hal-hal yang mempengaruhi dalam penanaman awal pembelajaran bahasa Arab. Penelitian menemukan strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini adalah dengan menggunakan metode yang disesuaikan dengan keadaan siswa setiap harinya, sedangkan aspek penghambat strategi ini adalah keterbatasan waktu pembelajaran bahasa Arab.

References

Asmani. J.M, 2009. Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jogjakarta: Diva Press.

Purwanti. M.D. 2014. Hubungan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Dengan Pola Asuh Orang Tua Di TK Ad-Dinul Qoyyim Kapek Bawah Kecamatan Gunungsari. Universitas Mataram. Lombok Barat.

Putraa. N&Ninin D. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: Rajawali Press.

Hawa. S. 2014. Identifikasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di PAUD Se-Kecamatan Sekarbela Mataram. Universitas Mataram. Lombok Barat.

Zaenuddin. R. 2005. Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Grup & STAIN Cirebon Press.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik Dan Kependidikan Depdiknas. Strategi Pembelajaran Dan Pemilihannya. Jakarta: Diknas.

Wibowo. A. 2012. Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yus A. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Bisri. M. &Abdul H. 2012. Metode Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Saebani, B.A. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Juhaya S.P. 2003. Filsafat Ilmu. Bandung: Teraju

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fitria Aprilia, N. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 3(01), 54–61. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i01.396

Issue

Section

Articles