Arabic and Al-Qur’an

(Aktualisasi Sejarah dalam Al-Qur’an)

Authors

  • Arif Sugian Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i01.395

Keywords:

Aktualisasi, Kisah, al-Qur'an

Abstract

Tujuan utama dari kajian ini adalah untuk memahami makna Bahasa dan relevansi kisah-kisah Al-Quran dalam konteks kehidupan kontemporer. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis tekstual mendalam serta pemahaman mendalam tentang konteks sejarah dan budaya di mana Al-Quran diturunkan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa kisah-kisah dalam Al-Quran memiliki nilai dan pesan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka tidak hanya berfungsi sebagai narasi sejarah, tetapi juga sebagai panduan etika, moral, dan tata cara hidup yang relevan untuk zaman sekarang. Kisah-kisah ini mengajarkan nilai-nilai seperti keadilan, kebijaksanaan, kesabaran, dan kasih sayang, yang dapat membantu individu dan masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan zaman modern. Dengan demikian, kontribusi utama dari naskah ini adalah memberikan pemahaman lebih mendalam tentang nilai-nilai universal yang terkandung dalam kisah-kisah Al-Quran, dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ini tidak hanya relevan bagi umat Islam, tetapi juga bagi siapa saja yang mencari panduan moral dan spiritual dalam kehidupan mereka

References

Abū Manshūr, Tahdzīb al-Lughah, Beirūt: Dār al-Ihyā at-Turats al-‘Arabīy, 2001.

Abū Shufah, Ahmad ‘Umar, Al-Mū’jizah al-Qur’aniyyah Haqā’iq ‘Ilmiyah Qathi’ah. Libya: Dār al-Kutub al-Wathaniyyah, 2003.

al-Asyqar, ‘Umar Sulaimān, Kisah-kisah Shahih Dalam Al-Qur’an dan Sunnah, Diterj Oleh Tim Pustaka Elba, t.tp: Maktabah Abu Salma al-Atsari, t.th.

al-Azadīy, Abū Bakar Muhammad Ibn Hasan Ibn Darid, Jamharatul Lughah, Ditahqiq Oleh Ramzi Mūnir Ba’labakīy, Beirut: Dar al-ilmi Lil Malayyin, 1986.

al-Qathān, Mannā Ibn Khalīl, Mabāhits Fī ‘Ulūm ‘Al-Qur’an, t.tp: Maktabah al-Ma’arif, 2000.

_______, Manna Khalil, Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an, diterj oleh Mudzakir, Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa, 2006.

_______, Manna, Mabāhits Fī ‘Ulūm al-Qur’an, t.tp: Maktabah Wahbah, 2000.

al-Zabidīy, Muhammad Murthado al-Husaini, Tāj al-‘Arūs min Dzawāhir al-Qamūs, Kuwait: Dar al-Hidayah, 2001.

Anshori, Muh, “Pengaruh Kisah-kisah Al-Qur’an Dalam Aktivitas Pendidikan”, Dalam Jurnal Dirasah, Vol. 3, No, 2, Tahun 2020.

as-Shiddiqiy, Hasbi, Sejarah dan Pengantar Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Jakarta: Bulan Bintang, 1990.

Azhar, Fakhrizal Ali, “Kaidah Memahami Kisah Dalam Al-Qur’an Perspektif Mutawalli al-Sya’rawi, Dalam Jurnal Maghza, Vol. 5, No. 2, 2020.

Baidan, Nashiruddin, Wawasan Baru Ilmu Tafsir, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Djalal, Abdul, Ulumūl Qur’an Surabaya: Dunia Ilmu, 2008.

Haris, Abd, “Kajian Kisah-kisah Dalam Al-Qur’an: Tinjauan Historis Dalam Memahami Al-Qur’an”, Dalam Jurnal JAU: Penelitian dan Pemikiran Islam, Vol. 5, No 1, tahun 2018.

Hermanto, Edi, “Kisah dalam Al-Qur’an (Studi Kitab Madkhal Ilā Al-Qur’an Al-Karīm Karya Mohammed Abed Al-Jābiri)”, Dalam Jurnal Perada, Vol. 3, No.1, Tahun 2020.

Hidayat, Komaruddin, Memahami Bahasa Agama, Sebuah Kajian Hermeneutik, Jakarta: Paramadina, 1996.

Hitami, Munzir, Revolusi Sejarah Manusia, Peran Rasul Sebagai Agen Perubahan, Yogyakarta: LKiS, 2009.

Ibn Mandzur, Lisan al-Arab, Beirut: Dar al-Sadir, 1414.

Ilyas, Yunahar, “Macam-macam Kisah Dalam Al-Qur’an” Dalam Buletin Al-Fatih, Edisi. 5, tahun 2023.

Jad al-Maula, Muhammad Ahmad, Buku Induk Kisah-kisah Al-Qur’an, diterj oleh Abdurrahman Assegaf, Jakarta: Zaman, 2009.

Kusumastuti, Adhi dan Ahmad Mustamil Khoiron, Metode Penelitian Kualitatif, Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, 2019.

Nata, Abudin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1997.

Pasaribu, Syahrin, “Membuka Rahasia Kisah Dalam Al-Qur’an” Dalam Jurnal On Education, Vol. 06, No. 01, Tahun 2023.

Qalyubi, Syihāb Ad-Din, Analistika Makna di Balik Kisah Nabi Ibrahim, Yogyakarta: LKiS, 2008.

Qutb, Sayyid, At-Taswīr al-Fanny Fī al-Qur’an, Kairo: Dār al-Syuruq, t.th.

Ramadhan, M. Habib Ismail, dkk, “Mengidentifikasi Kisah-kisah Dalam Al-Qur’an dan Menemukan Hikmah di Dalamnya Menurut Ulama Manna Al- Qattan”, Dalam Jurnal Tabsyir, Vol. 4, No. 3 Tahun 2023.

Rofiqoh, Aqidatur dan Ibnu Hajar Ansori, “Kisah-kisah (Qasas) Dalam Al-Qur’an Perspektif I’jaz, Dalam Jurnal Qof, Vol. 1, No. 1 Tahun 2017.

Romziana, Luthviyah dan Nur Wahyuni Rahmaniyah, “Analisis Kritis M. Quraish Shihab Terhadap Pengulangan Kisah Nabi Musa Dalam Al-Qur’an”, Dalam Jurnal Islam Nusantara, Vol. 05, No. 02, Tahun 2021.

Shihab, M. Quraish, Mukjizat Al-Qur’an: Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Gaib, Bandung: Mizan, 2007.

Sulaiman dan Aprizal Ahmad, “Menggali Ibrah dari Qashash Al-Qur’an: Studi Pengantar dalam Tinjauan Ilmu Al-Qur’an” dalam Jurnal Mumtaz, Vol. 5, No. 02, Tahun 2021.

Sulaiman, Muhammad, Al-Qissah fī Al-Qur’an al-Karīm Haula min Syabbaha wa ar-Radd ‘Alaīh, Mesir: Al-Amanah, 1994.

Syarifah, Umaiyatus, “Manhaj Tafsir Dalam Memahami Ayat-ayat Kisah Dalam Al-Qur’an” Dalam Jurnal Ulul Albab, Volume. 13, No. 2 Tahun 2010.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sugian, A. (2023). Arabic and Al-Qur’an: (Aktualisasi Sejarah dalam Al-Qur’an). Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 3(01), 42–53. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i01.395

Issue

Section

Articles