UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB MELALUI FORUM HUBBA DI LPBA PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i01.381Keywords:
Peningkatan, Kompetensi Guru, HUBBA, LPBAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan HUBBA dalam meningkatkan kompetensi guru Bahasa Arab di LPBA Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualtitaif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan HUBBA guna meningkatkan kompetensi guru Bahasa Arab di LPBA yaitu dengan memberikan pelatihan mengajar atau microteaching. Microteaching ini diisi dengan mengajarkan teori-teori tentang metode pembelajaran dan pengaplikasiannya yang tidak hanya fokus pada metode langsung tetapi juga berfokus pada metode-metode pembelajaran Bahasa Arab yang lain seperti metode kaidah dan terjemah, metode membaca, metode audiolingual dan metode gabungan. Selain itu, para peserta juga dilatih untuk melakukan evaluasi pembelajaran yang berkaitan dengan kosa kata (mufradat) dan materi ajar yang diberikan di LPBA
References
Al Fikri, Muhammad Arif. “Peran Micro Teaching terhadap Peningkatan Karakter Mahasiswa Calon Guru”, Citizenship : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 9 (1), 2021.
Hamid, Abd. “Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran”, AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan 10 (1), 2020.
Idrus L. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran”, ADAARA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9 (2), 2019.
M. Asy’ari. “Metode, Sistem dan Prinsip Pembelajaran Bahasa Arab yang Inovatif”, AN-NABIGHOH 20 (02), 2018.
Mahbubah Latifatul dan Moh. Wakil. “Ta’lim al-Qaidah al-Arabiyah an al-Muzakkar wa al-Mu’annas bi Tariqah al-Lughatain”, Alfazuna 7 (01), 2022.
Mahbubah, Latifatul dan Asmaul Husna. “تعليم الإملاء في معهد تربية المعلمين الإسلامية "الأمين" برندوان سومنب مادورا”, Lugawiyyat 3 (2) 2021.
Mahbubah, Latifatul. Sutaman. Syuhadak. “Strategy of Writing Scientific Research among Students in Departement of Arabic”, Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature 4 (1), 2021.
Nurmasyitah. “Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Mata Kuliah Microteaching”, JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) 9 (1), 2021.
Susiani, Ida Rohmah dan Nur diny Abadiah. “Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia”, MODELING 8 (2), 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mahbubah Latifatul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.