PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAJAR BAHASA ARAB MELALUI APLIKASI MONDLY ARABIC

Authors

  • Gufron Zainal Abidin Sdawi Manasiq Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i01.380

Keywords:

Mondly Arabic, Bahasa Arab, Kompentensi, Pengajar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menginvestigasi pengalaman pengajar dalam mengintegrasikan aplikasi Mondly Arabic dalam pengajaran bahasa Arab serta meningkatkan kompetensi pengajar di Institut Agama Islam Mifathul Ulum Pamekasan. Artikel ini berargumen bahwa  pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai, efektif, dan menarik dalam pengajaran bahasa Arab masih sangat terbatas dan kurang. Pengajar bahasa Arab sering mengandalkan buku sebagai media utama, dengan metode konvensional yang dapat dianggap kurang efisien dan kurang menarik bagi siswa serta pengajar. Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus sebagai pendekatan. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan pengajar bahasa Arab, observasi langsung di kelas, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Mondly Arabic membawa perubahan signifikan dalam pengajaran. Aplikasi ini membantu dalam pemilihan materi, meningkatkan efisiensi pengajaran, dan memperbesar motivasi siswa. Selain itu, aplikasi ini menyediakan materi komprehensif, latihan interaktif, dan kemampuan pemantauan kemajuan siswa. Namun, perlu diperhatikan bahwa aplikasi ini memerlukan koneksi internet yang stabil dan beberapa konten berbayar. Secara keseluruhan, penggunaan Mondly Arabic telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kompetensi pengajar bahasa Arab dan kualitas pengajaran di Institut Agama Islam Mifathul Ulum Pamekasan. Aplikasi ini menjadi solusi efektif untuk tantangan dalam pendidikan bahasa Arab, memberikan alat untuk pengajaran yang lebih menarik dan efisien. Di era teknologi modern, aplikasi semacam ini menjadi sumber daya berharga dalam pengembangan kurikulum dan pengajaran bahasa Arab di lembaga serupa

References

KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS DI KELAS X SMAN 16 BANDAR LAMPUNG.” UNIVERSITAS LAMPUNG, 2022.

Afif, Nur. “Pengajaran Dan Pembelajaran Di Era Digital.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2019): 117–29.

Amin, Kasma F. “Pengajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA) Dan Pengenalan Budaya Lokal Bugis-MakassarNo Title.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 6 (2021).

Aşıksoy, Gülsüm. “No TiComputer-Based Concept Mapping as a Method for Enhancing the Effectiveness of Concept Learning in Technology-Enhanced Learningtle.” Sustainability 11, no. 4 (2019).

Baktiarso, Singgih, I Ketut Mahardika, Azzurrel Lady Arafah, Dinda Tri Ariyani, Seka Arum Ferlita, and Ainun Fitriya Nurhasanah. “Analisis Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran Sains Pada Siswa SMA.” Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi 6, no. 1 (2023): 22. https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.12486.

Barlia, Lily. “Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains Di Sd: Tinjauan Epistemologi, Ontologi, Dan Keraguan Dalam PraksisnyaNo Title.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 3, no. 3 (2015).

Boiliu, Esti Regina and Sozawato Telaumbanua. “Inovasi Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Suatu Analisis Pendidikan Agama Kristen.” Real Didache Journal of Christian Education 2, no. 2 (2022): 90–100.

Budiman, Haris. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2017): 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Chen, Zan. “Skills, Practice and Challenges in the Adoption of Learning Technologies in Training and Adult EducationNo Title.” In ASCILITE Publications, 2019.

Dhani, Muh. Ilham, Tian Abdul Aziz, and Lukman Hakim. “Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme.” Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme 12, no. 4 (2022).

Dkk, Firmansyah. “The Use Of The Mondly Arabic Application In Increasing Mastery Of Muĥādatsah Santri Takhasshush Al Urwatul Wutsqaa Islamic Boarding School, Sidrap Fortress.” Al-Iftah: Journal of Islamic Studies and Society 3, no. 1 (2022): 13.

Frannata Wangsa, Jedy Goestaman, I Nyoman Piarsa, and Ni Kadek Dwi Rusjayanthi. “Audit Tata Kelola TI Pada Organisasi Perangkat Daerah Di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten X Dengan Menggunakan Pendekatan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dan Dinas Sosial).” JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer 3, no. 3 (2023): 1323. https://doi.org/10.24843/jtrti.2022.v03.i03.p07.

Hayati, Rahmi, and Husnidar Husnidar. “Studi Kepustakaan: Keterkaitan Kemampuan Komunikasi Matematis Model Problem Based Learning Dan Teori Konstruktivisme.” VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim 14, no. 3 (2022).

Kennedy, Shanon. “Mondly Review: My Experience Using Mondly to Learn 5 Languages [In-Depth Review].” Fluent in 3 mounths, 2019. https://www.fluentin3months.com/reviews/mondly-review/.

Mokalu, Valentino Reykliv, Johanes Kornelius Panjaitan, Noh Ibrahim Boiliu, and Djoys Anneke Rantung. “Hubungan Teori Belajar Dan Teknologi Pendidikan.” Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022).

Mutiara, Tika Adilah, and Fani Nurona Cahya. “Penerimaan Teknologi Dalam Pendidikan Studi Kasus: Calon Guru Di Indonesia.” Jurnal Responsif : Riset Sains Dan Informatika 4, no. 2 (2022).

Nursyamsiah, Erna. “Penerapan Media Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur.” Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 8, no. 1 (2021): 67–77.

Nurzaki, wildan Mahsun, and Windasari Ririn. “فعالية تعليم اللغة العربية باستخدام برنامج ‘مندلي’ في مدرسة محمد الخامسة المتوسطة سورابايا.” Jurnal Alfazuna : Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 5, no. 1 (2020): 16–27.

Pramartha, I Nyoman Bagus, Naswan Suharsono, and Wayan Mudana. “Kajian Analisis Penerapan Teori Konstruktivis Melalui Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 4 (2022).

Rahayu, Flourensia Sapty, Djoko Budiyanto, and David Palyama. “Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta)No Title.” Jurnal Terapan Teknologi Informasi 1, no. 2 (2017).

RAHIM, ABDUL. “THE USE OF MONDLY LANGUAGE APPLICATION TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT (Pre-Experiment Research at the Seventh Grade Students of SMP UNISMUH MAKASSAR).” UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2020.

Salsabila, Unik Hanifah, Iban Idha Trisda Spando, Windi Dwi Astuti, Nurul Anisa Rahmadia, and Dima Wahyu Nugroho. “Integrasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan IslamNo Title.” Jurnal Pendidikan 11, no. 1 (2023).

Sari, Indra Kartika. “Blended Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif Di Masa Post-Pandemi Di Sekolah DasarNo Title.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021).

Schweighofer, Patrick, and Martin Ebner. “Aspects to Be Considered When Implementing Technology-Enhanced Learning Approaches: A Literature Review.” Future Internet 7, no. 4 (2015).

Suhendar, Bagus. “Penggunaan Aplikasi Smartphone Untuk Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar, Klender Jakarta Timur.” Community Engagement & Emergence Journal 3, no. 3 (2022): 2022.

Sunandi, Isep, Juliati Juliati, Wawan Hermawan, and Gilang Ramadhan. “Dampak Integrasi Teknologi Pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (2023).

Suoth, Like, Elsye Jesti Mutji, and Robinsor Balamu. “Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Vygotsky Terhadap Pembelajaran Bahasa IndonesiaNo Title.” Journal for Lesson and Learning Studies 5, no. 1 (2022).

Suryana, Ermis, Marni Prasyur Aprina, and Kasinyo Harto. “Teori Konstruktivistik Dan Implikasinya Dalam PembelajaranNo Title.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 7 (2022).

Teoh, Lee Lin, and Miew Hoon Ng. “Kerangka Penggunaan Peta Alir Dalam Pembelajaran Penulisan Karangan Naratif Bahasa Cina.” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities 7, no. 9 (2022).

Widiananda, Salsabila, Zahrah Izzaturrahim Rabbani, and Dante Darmawangsa. “Mobile-Assisted Language Learning Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan PustakaNo Title.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 1 (2023).

الشامي، أحمد. “واقع استخدام تطبيقات الهواتف الذكية في العملية التعليمية التعلمية من وجهة نظر طلبة الدراسات العليا في الجامعة الإسلامية بغزة.” IUGJHR: مجلة الجامعة الإسلامية للدسات الإنسانية 29, no. 4 (2021): 166–96.

المحمود، محمود عبد الله. كيف ننعلم لغة ثانية. الأولى. الرياض: العربية للجميع, 2014.

الملحم،تركي عبد العزيز. “واقع استخدام تطبيقات الهواتف الذكية في تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى في معهد تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها بالجامعة الإسلامية من وجهة نظر المعلمين.” المجلة العلمية لكلية التربية-جامعة أسيوط 73, no. 2 (2021): 42.

سليم, الهروط، ردينة. “دور تطبيقات الهواتف الذكية اتعليم اللغة العربية في إثراء المحتوى الرقمي العربي على الإنترنت(دراسة ميدينية).” Larsalam: Laboratoire de Recherche Société, Langage, Art et Médias 1, no. 9 (2023).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sdawi Manasiq, G. Z. A. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAJAR BAHASA ARAB MELALUI APLIKASI MONDLY ARABIC. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 3(01), 1–15. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v3i01.380

Issue

Section

Articles