BAHASA DAN GENDER (KAJIAN SOSIAL-EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)

Authors

  • Taufik Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan
  • Maltuful Anam Institut Agama Islam Miftahul ulum Pamekasan
  • Gufron Zainal Abidin Sdawi Manasiq Institut Agama Islam Miftahul ulum Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i03.322

Keywords:

Bahasa, Gender, Sosial, Edukatif, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bahasa dan gender dalam kajian social-edukatif dalam pembelajaran bahasa arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pustaka dengan sumber data yang digunakan adalah literasi-literasi aktual dan faktual dengan analisis data mels and heberman dengan tekhnik intraksional. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya  bahwa gender bukanlah suatu kontruksi atau bentuk social yang sebenarnya, bukan bawaan sejak lahir, dan tidak dapat pula dikatakan sebagai kodrat atau ketentuan Tuhan karena gender berkaitan dengan proses keyakinan bagaimana seharusnya laki-laki dan perempuan berperan dan bertindak sesuai dengan tata nilai yang terstruktur, ketentuan social dan budaya ditempat mereka berada.

References

Abdurahman and M Mansyur (2021) ‘KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN’, El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 1(02). Available at: https://doi.org/10.36420/eft.v1i02.68.

Darmalaksana, W. (2020) ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan’, Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung [Preprint].

M Mansyur, A.J. (2022) ‘تعليم مهارة الكلام باستخدام استراتيجية التعلم التعاوني جيكسو لطالبات الصف الثالث بمدرسة العالية مفتاح العلوم كبون بارو’, Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(01). Available at: https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i01.174.

Miftakhul Rizal M (2023) ‘INTERNALISASI PELAJARAN DALAM KEHIDUPAN: ANALISIS EMPERIS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TINGKAT DASAR’, El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(01). Available at: https://doi.org/10.36420/eft.v3i01.225.

Novita Fitri Amin and Nur Hasan (2022) ‘DESAIN KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES RESERCH DI PONDOK PESANTREN’, El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2(01). Available at: https://doi.org/10.36420/eft.v2i01.102.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta; Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta; Rineka Cipta

Herdiana, Ike. 2012.Konsep Gender dan Jenis Kelamin. (http://ikeherdiana-fpsi.web.unair.ac.id/artikel_detail-63794-Psikologi%20Perempuan-Konsep%20Gender%20dan%20Jenis%20Kelamin.html) Diakses pada 27 April 2015.

Lauder, Multamia R.M.T. dan Basuki Sahardi. 1988. Sikap Kebahasaan Kaum Wanita. Jakarta: Makalah Seminar Sosiolinguistik II.

Ohoiwutun, Paul. 1997. Sosiolinguistik memahami bahasa dalam konteks dan kebudayaan. Jakarta: Kesaint Blanc.

Sumarsono & Partana, Paina. 2002. Sosiolingusitik. Yogyakarta: Sabda.

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Taufik, Maltuful Anam, & Gufron Zainal Abidin Sdawi Manasiq. (2023). BAHASA DAN GENDER (KAJIAN SOSIAL-EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB). Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(03), 182–196. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i03.322

Issue

Section

Articles