PERMAINAN MONOPOLI DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB

Authors

  • Luthfatul Qibtiyah Institut Dirosat Islamiyah Al – Amien Prenduan
  • Irma Suryani Institut Dirasah Islamiyah Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i03.307

Keywords:

Permainan, Monopoli, Penguasaan, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi permainan monopoli dan apa saja kendala yang dihadapi dari Implementasi permainan monopoli dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas VI di Madrasah Diniyah Al–Jannah Kalianget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat menyeluruh dan mendalam dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini, yaitu Guru dan Siswa kelas VI di Madrasah Diniyah Al–Jannah Kalianget. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verikasi. Untuk keabsahan data melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk Implementasi permainan monopoli yang menggunakan bahasa Arab dimulai dari melakukan ompimpa, memilih alat penggerak, melempar dadu, melewati start, membeli tanah, rumah dan hotel, mendapatkan kartu dana umum dan kesempatan, mendaptkan denda dan melatih keberanian dan kefokusan. Sedangkan kendala yang dihadapi, sebagai berikut: a)perspektif guru, yaitu: Kurangnya menguasai kosa kata, kurangnya minat belajar siswa dan kurangnya percaya diri siswa. b. Perspektif peserta didik, kendala yang yang dihadapi yaitu; Kurangnya kosa kata, kurangnya persiapan belajar dan kurangnya percaya diri.

References

Abdurahman, and M Mansyur. “KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN.” El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah 1, no. 02 (2021). https://doi.org/10.36420/eft.v1i02.68.

Ahmad Maulana Safarudin. “Konsep Pengembangan Pendidikan Pesantren Menurut K.H. Abdurrahman Wahid.” Competitive: Journal of Education 1, no. 1 (2022): 1–8.

Hoirotul Ummah, and Gufron Zainal Abidin. “PENGARUH METODE LANGSUNG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII PROGRAM BAHASA DI PONDOK PESANTREN KEBUN BARU.” El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah 1, no. 02 (2021). https://doi.org/10.36420/eft.v1i02.69.

Mahrus Ali, and Abd Ghani. “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH.” El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah 1, no. 02 (2021). https://doi.org/10.36420/eft.v1i02.66.

Anisa Rosanti. “Pengembangan Media Permainan.” UMP (2016).

Budi Adi Prayogo. “Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas II SDN Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat.” UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 2017.

Dinda Jengtika Reski dan Asmidir Ilyas. “Konsep Kesiapan Siswa dalam Mengerjakan Tugas.” SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, vol.vol.4, no. 1 (2019).

Erlando Doni Sirait. “Pengaruh Minat BelajarTerhadap Prestasi Belajar Matematika,.” Jurnal Formatif (2011).

Fani Juliyanto Perdana. “Pentingnya Kepercayaan Diri Dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar .” The journal of social and economics education, vol.Vol. VIII No. 2, (2019).

Husna. “permainan monopoli” (t.t.).

Ifan Junaedi,. “Proses Pembelajaran yang Efektif,” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh),.” vol.vol.3, no. 2 (2019).

Indra Bastian et al. “" Metode Wawancara , " Metode Pengumpulan dan Teknik Analisis Data.” September 2018, vol.vol., no (t.t.).

Lexy J. Moleong. Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 2004.

Nabila Nur Apriliana. “Pengembangan alat permainan saithoro ( monopoli Arab ) untuk pembelajaran pola kalimat bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Sumberrejo Bojonegoro.” Negeri Malang, 2011.

Raihani. Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta, 2017.

Saldana Jonny Michel, Miles Mattahew B, Huberman A. Qualitative Data Analysis. United States of America: SAGE, 2014.

Susilawaty. “Penguasaan Kosakata Pada Aspek Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.”

Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, vol.Volume 6 Nomor 1 (2021).

Syaipul Amri. “Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, vol.Vol. 03 No. 02, Desember (2018).

Zafar Sidik dan A Sobandi. “„Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Kemampuan Komuniasi Interpersonal Guru,.‟” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol.vol.3, no. 2 (1 Juli 2018).

Uli. “Perbandingan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa SMA yang Menggunakan Media Permainan Kartu Domino dan Media Permainan Monopoli.” Universitas Pendidikan Indonesia, t.t.

Yulia Elviza, dkk. “Peningkatan penguasaan koasakata melalui teknik permainan teka - teki silang dikelas VII A SMPN 2 Sungai Penuh.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol.Vol. 1 No. 2 (2013).

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Luthfatul Qibtiyah, & Irma Suryani. (2023). PERMAINAN MONOPOLI DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB . Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(03), 167–181. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i03.307

Issue

Section

Articles