PEMBELAJARAN KESASTRAAN ARAB: PUISI (AL-SYI’R) DAN PROSA (AL-NASAR) BAGI NON PENUTUR ARAB

Authors

  • Enok Milhah Malihatusolihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Syaiful Bahri Hidayat Institut Agama Islam Miftahul ulum Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i03.299

Keywords:

Pembelajaran, Sastra Arab, Prosa, Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas mengenai pembelajaran sastra dengan memfokuskan kajian pada puisi dan prosa Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendakatan pustaka dengan mengkaji beberapa literatur kridebel dengan sumber data artikel ilmiah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahasanya terdapat tiga tingkatan dalam pembelajaran sastra, yaitu Tingkat Dasar (Mubtadi’),Tingkat Menengah (Mutawassith), dan Tingkat Lanjut (Mutaqaddim). Adapun metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran syi’r dan prosa Arab diantaranya adalah metode membaca. Metode membaca (Reading Method) yaitu menyajikan materi pelajaran dengan terlebih dulu mengutamakan membaca, yakni guru mula-mula membacakan topik-topik bacaan, kemudian diikuti siswa.

References

Albantani, Azkia Muharom. “Metode Pembelajaran Sastra Arab.” Alfaz (Arabic Literatures for Academic Zealots) 6, no. 01 (3 Oktober 2018): 17.

Dardiri, Taufiq A. “PERKEMBANGAN PUISI ARAB MODERN.” Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra 10, no. 2 (31 Desember 2011): 2834.

Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Ara. Bandung: Humaniora, 2015

Kamil, Sukron. “Sejarah Prosa Imaginatif (Novel) Arab; Dari Klasik Hingga Kontemporer.” LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra 3, no. 2 (11 Oktober 2011).

Mahliatussikah, Hanik. Pembelajaran Puisi: Teori dan Penerapan dalam Kajian Puisi Arab. Malang: Universitas Negeri Malang, 2015.

Muhammad Syaiful bahri Hidayat, "Implementasi Metode Fonetik Dalam Pembelajaran Maharah Istima’ Dan Kalam Untuk Pebelajar Tingkat Pemula" Tanfidziya:Journal of Arabic Education, Vol. 02 No 01 Tahun 2022

Rawandhy N. Hula, Ibnu. “Kaidah Intrinsik Prosa Imajinatif Arab dalam Ranah Kritik Sastra.” ‘A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 5, no. 1 (2016).

Tamara Pratiwi, Andang, Baiq Nadila Khairani, Adiansyah, dan Hadiatulmunawarah. “Perkembangan Sastra Arab pada Awal Permulaan Islam.” Proseding Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram, t.t.

Wargadinata, Wildana, dan Laily Fitriani. Sastra Arab Masa Jahiliyah dan Islam. Malang: UIN Maliki Press, 2018.

Yunus, Moch. “Sastra (Puisi) Sebagai Kebudayaan Bangsa Arab.” HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 2015. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1478891&val=10795&title=Sastra%20Puisi%20Sebagai%20Kebudayaan%20Bangsa%20Arab.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Enok Milhah Malihatusolihah, & Muhammad Syaiful Bahri Hidayat. (2023). PEMBELAJARAN KESASTRAAN ARAB: PUISI (AL-SYI’R) DAN PROSA (AL-NASAR) BAGI NON PENUTUR ARAB. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(03), 153–165. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i03.299

Issue

Section

Articles