UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP MAHARAH QIRAAH DI MTS AL-AMANAH BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i03.294Keywords:
Upaya, Minat, Membaca, Bahasa ArabAbstract
Perlu adanya peningkatan minat membaca atau maharah Al Qiraah di level sekolah menenagah. Terlebih sudah masuk era revolusi industry 4.0. Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi justru membawa bangsa ini kemunduran dalam hal minat membaca. Hasil observasi di lapangan juga menunjukkan bahwa rupanya belum meningkatnya minat baca di MTs Al-Amanah tersebut. Penelitian ini berupaya untuk bisa menyajikan kegiatan-kegiatan yang menarik dalam upaya minat para siswa dalam meningkatkan minat membaca khususnya melalui gerakan literasi membaca. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini upaya meningkatkan minat baca pada siswa di sekolah ini guru melakukan kegiatan membaca 20 menit setiap harinya yang mana siswa menjadi aktif saat di kelas, lalu guru memanfaatkan poster-poster yang menarik agar siswa tertarik untuk membaca. Adapun beberapa peran guru dalam meningkatkan minat baca.
References
Andrianti, S. (2018). Peran Guru PAK Sebagai Fasilitator Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi. Jurnal Fidei, 235-249.
Azizah, S., & Haliq, F. (2022). Analisis RPP IPS SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 di Kabupaten Pamekasan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1435-1451.
Kunaenih, K. (2019). Penyuluhan Implementasi Kurikulum 2013 Revisi “Penerapan Literasi dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 31-38.
Nurafiati, S., Rahayu, T., & Pramono, H. H. (2022). Strategi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani . Zahira Media Publisher.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 81-95.
Widodo, S. (2018). Peran guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 edisi revisi. Jurnal Pena Karakter, 46-54.
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. PBE: Proceeding of Biology Education, 26-31.
Edy Sulaiman, A. I. (2022). Problematika Terjemah Teks Bahasa Arab Di Prodi PBA IAI Miftahul Ulum Pamekasan. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(01). https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i01.167
Imroatus Sholehah. (2022). Korelasi Antara Kemampuan Membaca Bahasa Arab Dan Ketercapaian Target Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(01). https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i01.180
M Mansyur, A. J. (2022). تعليم مهارة الكلام باستخدام استراتيجية التعلم التعاوني جيكسو لطالبات الصف الثالث بمدرسة العالية مفتاح العلوم كبون بارو. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(01). https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i01.174
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agung Muttaqien

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.