MEDIA FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI ATAS UPAYA PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII-A MTS MIFTAHUL HUDA TUBAN)
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i03.266Keywords:
Penguasaan, Kosakata Bahasa Arab, Flash CardAbstract
Penguasaan kosakata bahasa Arab sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab, karena semakin banyak kosakata yang dimiliki seseorang maka akan semakin mudah menyampaikan dan menerima informasi. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan media Flash Card untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VII-A MTs Miftahul Huda Tunah Semanding Tuban. Media ini belum pernah diterapkan di lembaga Madrasah ini. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII-A MTs Miftahul Huda Tunah Semanding Tuban melalui penerapan media flash card. Nilai rata-rata pra siklus adalah 66,4. Kemudian setelah peneliti mengadakan tindakan kelas siklus I terjadi peningkatan sebesar 73,3. Sedangkan untuk siklus II juga mengalami peningkatan, awalnya nilai rata-rata pada siklus I adalah 73,3, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 77. Dalam hal ini peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab kelas siswa VII-A cukup baik.
References
Achoita, A, and L M Ifadah. “Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X Ma Salafiyah ….” Tadris: Jurnal Penelitian Dan … 16, no. 1 (2022).
Ana Achoita. “BAHASA ARAB DAN METODE PENGAJARANNYA.” Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam 12, no. 2 (2019). https://doi.org/10.51675/jt.v12i2.20.
Laila, Nur Azmi. “Pengaruh Penggunaan Metode (Mim-Mem) Mimicry Memorization Terhadap Peningkatakan Kemampuan Menghafal Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Al-Mustawa Gunungsindur Bogor.” Jurnal Dirosah Islamiyah 5, no. 1 (2022). https://doi.org/10.47467/jdi.v5i1.2072.
Nabilah, Fiyani, and Muhamad Abdul Gofur. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Arab Melalui Metode Pembelajaran Picture And Picture Siswa Kelas Ib Mi Nurul Anwar Bekasi Utara.” El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 3, no. 1 (2020). https://doi.org/10.54125/elbanar.v3i1.56.
Ummidlatus Salamah. “أهمية الترادف في تعلم مفردات اللغة العربية.” Tanfidziya: Journal of Arabic Education 1, no. 03 (2022). https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i03.133.
Switri, Endang. 2019. Tata Bahasa Arab( Buku Pendampingan Belajar Bahasa ArabUntukPemula). Pasuruan:CV. Penerbit QiaraMedia. Hal 1.2019
Firman, Analisis Hubungan Penguasaan Kosakatadan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Siswa SMP Di Kota Kendari. JurnalKajianBahasa. 8 (1): 123-142. 2019.
Elviza, Yulia. Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Teknik Permainan Teka-Teki Silang Di Kelas VII.A SMPN 2 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1 (2): 399-476. 2013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ana Achoita Ana Achoita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.