Korelasi Antara Kemampuan Membaca Bahasa Arab Dan Ketercapaian Target Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan

Authors

  • Imroatus Sholehah Madrasah Aliyah Abu Syamsuddin Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i01.180

Keywords:

Kemampuan Membaca, Ketercapaian Target, Hafalan Al-Qur’an

Abstract

Bagi yang telah memahami bahasa arab tentu akan lebih mudah untuk menghafal ayat tersebut karena kontek kalimatnya lebih jelas, dalam ayat di atas ada kata ganti orang ketiga atau lebih. Didalam al-Qur’an juga ada ayat yang menjelaskan tentang kisah-kisah para nabi seperti Nabi Adam As, Nabi Yusuf As, Nabi Ibrahim As, dll. Berangkat dari pengalaman saya sendiri bahwa terdapat banyak santri tahfidz yang bertanya tentang cara cepat atau mudah dalam menghafal al-Qur’an dan menurut saya diantara cara cepat atau  mudah menghafal al-qur’an adalah dengan memahami bahasa arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang analisisnya menekankan pada data nomorikal (angka) yang diolah dengan statistik, sedangkan sifatnya adalah korelasi.

Hasil penelitian ini menunjukan Tardapat korelasi antara kemampuan membaca bahasa arab dan ketercapaian target hafalan al-qur’an  santri Pondok Pesantren Kebun Baru, Tahun Pelajaran 2020/2021 merujuk kepada hasil “r” tabel product moment = 0,986 lebih besar dibandingkan “r” kerja baik dengan harga kritik “r” 1% adalah 0,388 atau 5% adalah 0,4906. Sedangkan Besaran Korelasi Antara Kemampuan Membaca Bahasa Arab dan Ketercapaian Target Hafalan Al-Qur’an PP. Miftahul Ulum Kebun Baru Setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi product moment berada  pada kategori interpretasi tinggi.

References

Abdurrbawabuddin, Ma’arif, Teknik Menghafal Al-Qur’an, Bandung, Sinar Baru Algensindo,2005.

Abu Zakariya Yahya Imam bin Syaraf An-Nawawi,At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an, cetakan ke tujuh belas,Sukoharjo,Maktabah Ibnu Abbas

Abu Zakariya Yahya Imam bin Syaraf An-Nawawi,At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an, Cetakan ke tujuh belas,Sukoharjo,Maktabah Ibnu Abbas.

al-Ghalayayni, Syekh Musthofa, Jami’uddurus al-Arabiah, Maktabah as-Syuruq ad-Dawlia, Mesir cetekan ke 2.

Artikel Motivasi Menghafal al-Qur’an, Wanita Shalihah, https://www.motivasi menghafal al-quran.com/, (Tanggal, 25 November 2018, Pukul 17.23)

Dzulhannan,, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta, Karisma Karisma Utama Offset

Dzulhannan., Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta, Karisma Karisma Utama Offset.

Fatin Masyhud,Lc. MHI, Ida Husnur Rahmawati, Lc. MHI, Rahasia Sukses 3 Hafizh Qur’an Cilik Mengguncang Dunia,Jakarta Timur,Zikrul Hakim(Anggota IKAPI),Cetakan ke Empat 2017.

M.Quraish Shihab, Mukjizat Al-Qur’an, Mizan Anggota IKP, Bandung, 1997.

Mahmudah St, Psikologi Sosial Teori & Model Penelitian, (Malang: UIN Maliki Press, 2012),

Nur Faizin Muhith, M.A. al-Hafizh,Dahsyatnya membaca & menghafal al-Qur’an, Surakarta, Ahad Books,Cetakan Pertama 2014.

Rahmat Kurnia, Muhammad, Muhammad Sigit Purnawan Jati, Muhammad Ismail Yusanto,Prinsip-prinsip Pemahaman Al-Qur’an dan Al-Hadits, Jakarta, 2002

Sa’dulloh, 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Sumedang, Gema Insani

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006)

Syarif Hardiansah, Hubungan Kemampuan Bahasa Arab Terhadap Prestasi Menghafal Al-Qur’an Santri Kelas 3 Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an As Surkati, Skripsi,( Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Salatiga,2018)

Mira Shodiqoh, M Mansyur, 2022, Reaktualisasi Project Based Learning Model dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Tanfidziya: journal of arabic education p-issn 2809-0640 e-issn 2809-056x vol 01. No. 03 juli 2022.

Syekh Mustafa Tamum, Muhammad Efendi Umar, Qowaid al-Lughah al-Arabiyah,Surabaya,Maktabah al-Hidayah.

Umi Khusnul Khotimah. “Korelasi Antara Hafalan Al-Qur’an Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Negeri Gubukrubuh Gunung Kidu,Skripsi, (Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014)

Undang-undang , Lembaga Tahfidz Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru,No 03, 13 Juli 2018

Zubaidillah Muh.Haris, 2018 Hubungan Kemampuan Bahasa Arab dengan Prestasi Hafalan Al-Qur’an, Al Mi’yar (Online), Vol 37, No 19, (https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-miyar)

Zuhairini dan Ghofir Abdul, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Malang: UM PRESS, 2004

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Imroatus Sholehah. (2022). Korelasi Antara Kemampuan Membaca Bahasa Arab Dan Ketercapaian Target Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(01), 40–50. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i01.180

Issue

Section

Articles