IMPLEMENTASI METODE FONETIK DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’ DAN KALAM UNTUK PEBELAJAR TINGKAT PEMULA

Authors

  • Muhammad Syaiful Bahri Hidayat Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan
  • Ahmad Rosyid Mustaghfirin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i01.178

Keywords:

Implementasi, Metode Fonetik, Istima’, Kalam

Abstract

Salah satu problem kurangnya kemampuan kalam dan qiroah pebelajar adalah tidak singkronnya metode pengajaran yang digunakan oleh pengajar. Misal banyaknya pengajar yang masih menggunakan metode ceramah dalam pengajaran maharah apapun. Oleh karena itu perlunya meluruskan dann memberikan alternative metode pembelajaran utamanya untuk maharah kalam dan istima`. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan metode fonetik dalam pembelajaran maharah istima’ dan kalam bagi tingkat pemula. Penelitian ini merupakan penelitian library reasearch dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan metode fonetik pembelajaran maharah kalam dan istima` untuk tingkat pemula difokuskan pada pengulangan dan pelafalan fonem secara baik dan benar. Metode fonetik dimulai dengan latihan membedakan fonem bahasa Arab yaitu huruf hijaiyah kemudian berlanjut pada membedakan kata atau mufrodat yang mirip secara pelafalannya. Pelafalan dengan makhraj dan intonasi yang baik perlu terus dikawal agar pembelaran memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi

References

A. Gideon, (The Phonetic Method in Teaching Modern Languages”, The School Review) vol. 17, No. 7, Sep. 1909

Abdul Mu’in, Analisis Konstrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah terhadap fonetik dan Morfologi), (Jakarta: Pustaka al-Husna Baru, 2004)

Fathur Rohman, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: Madani, 2015)

Marni dan M. Yusuf, “Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Maharat Al-kalam dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab”, Auladuna, Vol. 2, No. 1, (Juni, 2015)

Minanul Aziz dan Aswin Yunan, Terampil Bahasa Arab 1, (Jakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009)

Muhammad Syaiful Bahri Hidayat, Pembelajaran Fonologi Arab dengan Minimal Praise dan Tongue Twister, (Tarling : Journal of Language Education, No 2) 2019

Muljanto Sumardi, Pengajaran Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi, (Bulan Bintang, 1975)

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Muhammad Syaiful Bahri Hidayat, & Mustaghfirin, A. R. . (2022). IMPLEMENTASI METODE FONETIK DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’ DAN KALAM UNTUK PEBELAJAR TINGKAT PEMULA. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(01), 51–61. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i01.178

Issue

Section

Articles