DESAIN PEMBELAJARAN MAHĀRAH QIRŌ’AH DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM METODE SOROGAN

Authors

  • Mochammad Yusron Ubaidillah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakarta

DOI:

https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i01.170

Keywords:

Pendekatan Komunikatif, Metode Sorogan, Maha>roh Qiro’ah

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab yang didesain dengan baik akan mewujudkan tujuan yang diharapkan. Desain pembelajaran bahasa Arab yang baik ditandai dengan memilih pendekatan, metode, strategi, materi, dan media yang sesuai dengan kondisi siswa. Pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Arab diterapkan untuk meningkatkan kemampuan-kemampuan dalam berbahasa Arab, seperti Istima>’, kala>m, qiro>’ah dan kita>bah. Dalam penelitian ini berisi tentang penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan kemampuan qiro>’ah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil dari penlitian ini menunjukan bahwa, Pendekatan komunikatif pada prinsipnya adalah untuk meningkatkan penguasaan kemahiran berbicara. Hal ini sejalan dengan tujuan utama berbahasa yaitu sebagai alat komunikasi. Akan tetapi setelah dilihat dari sudut pandang lain, pendekatan komunikatif bisa juga diterapkan dalam penguasaan kemahiran membaca. Sebagai contoh adalah pada penerapan metode sorogan. Santri dituntut berperan secara aktif dalam pembelajaran ini, dan ustadz hanya sebagai pendamping dalam pembelajaran. Apabila ada kesalahan dalam membaca tulisan Arab, atau tidak tahu susunan katanya. Santri bisa langsung bertanya kepada ustadz. Bentuk komunikasi. Adanya komunikasi aktif antara santri dan ustadz mampu meningkatkan kemampuan santri dalam meningkatkan kemapuan membaca kitab

References

Aly al-Khauly, Muhammad, Asalib Tabrisil Lughah al-Arabiyah (Riyadl: Mathabi’ al-Farazdaq Wa al-Tijarah, al-Mamlakah al-Saudiyah, 1982)

Anshori, Taufiq, pendekatan komunikatif Dalam pelajaran bahasa Arab

Ardy, Novan, Design pembelajaran Pendidikan, (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2013)

Banawi, Imam, tradisionalisme dalam Pendidikan Islam, (Surabaya: Al Ikhlas, 1993)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, kamus besar Bahasa Indonesi, (Jakarta: Balai Pustaka, 1994)

Dokumen Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta

Hamalik, Oemar, 2003. Proses Belajar Mengajar. (Jakarta: Bumi Aksara)

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung, PT. Remaja Karya, 2011)

https://republika.co.id/berita/pq77wn313/sorogan-dan-bandongan-metode-khas-pesantren, diakses 25 Januari 2021

Kartini, Pendekatan Komunikatif (Al-Madhal Al-Ittishal ) dalam Pembelajaran Bahasa Arab.Vol. II No. 1, Maret 2010

Mastuhu, Dinamika Sistem Pesantren ,(Jakarta:INIS, 1994)

STAIM-A 2008, “MPDP Bahasa Arab”, dalam htto://staim-a2008.blogspot.com. diakses pada tanggal 26 Januari 2021 pukul 08.45 Wib.

Subur, Pendekatan Komunikaif dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Insania, Vol. 13 No. 2, Mei-Agustus 2008

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Mochammad Yusron Ubaidillah. (2022). DESAIN PEMBELAJARAN MAHĀRAH QIRŌ’AH DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM METODE SOROGAN . Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(01), 11–27. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i01.170

Issue

Section

Articles