Problematika Terjemah Teks Bahasa Arab Di Prodi PBA IAI Miftahul Ulum Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v2i01.167Keywords:
Problematika Pembelajaran, Terjemah Teks Bahasa ArabAbstract
Kegiatan penerjemahan sering dilakukan oleh mahasiswa di prodi pendidikan bahasa arab, mahasiswa menerjemahkan teks atau buku berbahasa arab yang berhubungan dengan materi yang dipelajarinya, agar lebih mudah memahami materi tersebut. Namun, proses penerjemahan tidak selalu berjalan mulus. Ada beberapa kesulitan dan masalah yang mereka hadapi saat menerjemahkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi siswa saat menerjemahkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Subyek penelitian disini adalah siswa kelas empat dan enam yang sedang mengikuti mata kuliah penerjemahan. Penulis menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa permasalahan penerjemahan teks bahasa Arab di program studi pendidikan bahasa Arab di Institut Agama Islam Miftahul Ulum Penyepen dipengaruhi oleh dua aspek, yaitu aspek linguistik dan non linguistik
References
Amalia, Siti. Irawan, Dody. 2021, Problematika Penerjemahan Teks Bahasa Arab Di Kelas VIII Mts Negeri 3 Bangka, Al-Muarrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 1, No. 1,. 2021
Huda, Miftahul. Nasir, Amin. Annas, Azwar, 2020, Khazanah Linguistik Arab. Cirebon: Nusa Litera Insporasi.
Jaeni, Muhamad. 2010, Al-Addad; Pola Unik Bahasa Al-Qur’an, Religia Vol. 13, No. 1, April 2010
Munib, Abdul. 2005, Problematika Penerjemahan Bahasa Arab Ke Bahasa Indonesia, Al-Arabiyah. Vol. 1, No. 2 Januari 2005.
Nailin, Nila khoiru, 2015, Problematika Siswa Dalam Menerjemahkan Bahasa Arab Ke Dalam Bahasa Indonesia Dan Alternatif Solusinya Di SMP Ma’arif NU 1 Kemranjen Banyumas, STAIN Purwokerto. 2015
Nasution, Sakholid. 2017, Pengantar Linguistik Bahasa Arab, Sidoarjo: Lisan Arabi.
Setiadi, Syamsi, 2017, Penerjemahan Arab – Indonesia. Jakarta: Maninjau Press.
Sriyono, 2018, Aspek Linguistik Dalam Penerjemahan, Prosodi Vol. 12, No. 2. Oktober 2018
Mira Shodiqoh, M Mansyur, 2022, Reaktualisasi Project Based Learning Model dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Tanfidziya: journal of arabic education p-issn 2809-0640 e-issn 2809-056x vol 01. No. 03 juli 2022.
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
................, 2003, Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Syihabuddin, 2016, Penerjemahan Arab – Indonesia: Teori Dan Praktik. Bandung: UPI Press.
Umar, Ahmad Mukhtar. 1982, Ilmu Ad-Dilalah. Kuwait: Maktabah Dar Al-Arabiyah Li An-Nasr Wa At-Tauzi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tanfidziya: Journal of Arabic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.