Penerapan Metode 1Q2R dalam meningkatkan kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i02.119Keywords:
Metode 1Q2R, Keterampilan MembacaAbstract
Membaca merupakan keterampilan penting bagi siswa yang harus menjalani dan mengikuti proses belajar mengajar. Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar mempengaruhi keterampilan membaca. Salah satu yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses belajar membaca adalah pemilihan metode pembelajaran yang baik oleh guru. Penelitian ini memiliki dua fokus yaitu: Pertama, mengetahui penerapan metode 1Q2R dalam meningkatkan kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab pada Siswa kelas X MA Syarif Hidayatullah Ambal-Ambil Pasuruan. Kedua, mengetahui factor pendukung dan penghambat penerapan metode 1Q2R dalam meningkatkan kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab pada Siswa kelas X MA Syarif Hidayatullah Ambal-Ambil Pasuruan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tiga tekhnik yaitu Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya (1) Penerapan metode1Q2R untuk Meningkatkan kemampuan Membaca teks bahasa Arab siswa Kelas X Syarif Hidayatullah melalui dua tahapan, yaitu: Pertama, tahap persiapan dan Kedua, tahap implememtasi. (2) Faktor pendukung penerapan metode 1Q2R untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa arab pada siswa Kelas X Syarif Hidayatullah pasuruan terbagi menjadi dua faktor. yaitu, faktor internal berupa
kesadaran siswa berupa keseriusan untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa arab. Faktor eksternal kecakapan tenaga pengajar dalam membimbing dan mengarahkan dan menstimulus anak didik untuk mencapai peningktan kemampuan membaca yang maksimal. Faktor penghambat adalah: Pertama, Alokasi waktu yang terbatas sehingga mempengaruhi kualitas kontroling dan pembimbingan bagi siswa untuk melatih kemampuan membaca teks bahasa arab. Kedua, kemampuan dan kualitas input siswa baru kurang tersaring dengan baik sehingga terdapat siswa yang kualitas membaca teks berbahasa arab di bawah rata-rata
References
Abidin, 2012, Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter, Bandung:
Reflika Aditama
Alwi,2017, Penerapan Metode Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab,
Fakultas Agama Islam, UMMI Makassar.
Fathi Ali Yunus dan Kamil An Naqa, 1999, Mahmud., Asasiyatu Ta’limil Lughah Al
Arabiyah, Kairo: Dar Ats Tsaqafah.
Husaini Usman dan Purnomo Setiadi Akbar,2009, Metodologi Penelitian Sosial,
(Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mahmud Kamil An-Naqa dan Rusydi Ahmad Thaima, 2003, Metode Pengajaran
Bahasa Arab kepada selain oang yang mengucapkannya, Isesc
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
Dan R&D,(Bandung: Alfabeta,
Sovanah,2017, Penerapan metode reading guide dalam pembelajaran bahasa arab
pada anak didik MTS Walisongo Tulis Batang. Undergraduate Thesis thesis,
IAIN Pekalongan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tanfidziya: Journal of Arabic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.