STRATEGI MENAMBAH JUMLAH NASABAH PADA BMT AL-IKTISAB

Authors

  • Wahyudi Wahyudi IAI Miftahul Ulum Pamekasan
  • Akhmad Rofiki IAI Miftahul Ulum Pamekasan
  • Mansur Mansur IAI Miftahul Ulum Pamekasan

Keywords:

BMT, Al-iktisab, Strategi, menambah, nasabah.

Abstract

Tujuan penelitian ”because many in various banks are competing to increase the nomber of costomers. Metode dan jenis penelitian” kualitatif-deskriptif”. Data collection technique “metode Observasi, wawancara dan dokumentasi”. The results of this study resulted in three conchlusion, namely: A).trategi yang dilkaukan Oleh BMT Al-Iktisab dalam menambah jumlah nasabah yaitu dengan tiga strategi, a) memberi hadiah diawal. BMT memilih terhadap masyarakat yang mempunyai usaha kecil menengah. b) in selecting targets, BMT selects traders, building shops and small (Sandang Pangan). c) Dalam memilih Positioning. Namely according to the needs of members. B). Kendala yang dihadapi adalah ketatnya persaingan, kurangnya sumberdaya manusia serta biaya dan sarana prasarana terbatas. C). supporting factors adalah dengan tempat yang strategis, the brousur end with the development of technology. Dan dalam menjalankannya BMT Al-Iktisab memilih jalan dengan cara pick up the ball (jemput bola) yaitu dengan cara turun langsung kelapangan atau mendatangi para anggota. Analisis data “note, collect, think end the last by making new findings”

References

Kamila, Intan, Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, (Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, 2017).

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 129 No.1 Desember

Andrianto, S,E. M. Ak. Anang Firmansyah, S.E. M.M. Manajemen Bank Syariah (Surabaya, Qiara Media, 2019).

Fitri Martina Khoirul, Analisis Produk Simpanan Mudharabah Berjangka Suka Rela di BMT Ramadana cabang Wonosegoro, (Skripsi, IAIN Sataliga, 2016).

Herry, E., Permana, P. Y. E., Aji, W. B., & Muhtadi, R. (2019). Total Quality Management Development and Sharia Governance Efforts in Sharia Micro Financial Institutions to Improve Market Share. IJIEEB International Journal of Integrated Education, Engineering and Business eISSN 2615-1596 pISSN 2615-2312, 2(1), 27-35.

Hutomo Rusdianto, Chafi Ibrahim, Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Penabung Persepsi MasyarakatSebabgai Variabel Modereting di Puti, Jurnal Ekonomi Syariah, Vol 4 NO 1 2016.

AJIE, Asian Jurnal of Innovation and Enterpreneurship, Vol. 01, No. 03, September 2016.

Laptip Diat Prasojo, Manajemen Strategi, (Yogyakarta, UNY Press, 2018).

M. Nur Rianto Al-Arif, Lembaga Keuangan Syariah, (bandung, Pustaka Setia, 2012).

Maghfiroh ,Nur Laili, Analisis Faktor-fakrot yang Mempengaruhi Minat masyarakat Untuk Menabung, (Skripsi, UIN Surabaya, 2018).

Kurniawan,novija, “strategi meningkatkan nasabah pada BMT Usaha mulya pondok indah.” (Skripisi fakultas Dakwah dan komunikasi universitar syarif hidaytulloh jakarta,2014),

Muhtadi, R. (2012). Sinergisme Baitul Maal wa tamwil (BMT) dengan badan usaha milik desa (BUMDES) sebagai alternatif penguatan UMKM Masyarakat Pedesaan di Madura. Jurnal Sains Ekonomi Islam Pascasarjana Universitas Airlangga.

Muslikhin, M., Kinanti, R. A., Muhtadi, R., & Fudholi, M. (2020). Pemeriksaan Empiris Pada Pengaruh Kinerja Sosial Terhadap Profitabilitas Di Bank Syariah. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 72-84.

Nur Azizah, “Strategi Promosi Dalam Menarik Minat Nasabah Koperasi BMT-UGT Sidogiri Di Klampis Bangkalan Madura.” (Skripsi IAIN Sunan Ampel Surabaya,2010)

Pertiwi, R. S., Herianingrum, S., Muhtadi, R., & Muhammad, M. (2020). Analisis Perkembangan Praktik Baitul Maal Pada Masa Daulah Islamiyah Dan Dalam Konteks Di Indonesia. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 53-71.

Rhenal Kasali, Pengaruh fasilitas dan Kualitas Layanan Terhadapa Kepuasan Nasabah PT. Bank Mandiri, Jurnal Tarapan dan Bisnis, Vol, 3 NO. 1, 2017.

Rosyadah, P. C., Arifin, N. R., Muhtadi, R., & Safik, M. (2020). Factors That Affect Savings In Islamic Banking. AL-ARBAH: Journal of Islamic Finance and Banking, 2(1), 33-46.

Zainal Arifin, MBA, Dasar-dasar Manajemen Bank Syari’ah, (Tanggerang, Azkia Publisher, 2019)

RAT, BMT Al-Iktisab Kebun Baru. 2019

Putri rahayu ,Shelya Eka, Analisisi Strategi Pemasaran Tabungan SIRELA, (Skripsi, IAIN Sataliga, 2018, 2018)

Moh Safik, dkk, Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Ekspor-Impor sebagai pendapatan negara Indonesia.

Taufiqurrohman, S.Sos., M.Si. Manajemen Strategik, (Jakarta Pusat, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 2016)

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

##section.default.title##