PELATIHAN SPEAKING DENGAN METODE GUIDED WORD QUESTIONS MENGGUNAKAN MEDIA SNAKE AND LADDER BAGI SISWA SMA AL-MIFTAH JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS

Authors

  • Rini Listyowati Unevrsitas Islam Madura
  • Jaftiyatur Rohaniyah Universitas Islam Madura
  • Mohsi Mohsi Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan
  • Ina Darin Hanna Universitas Islam Madura
  • Dewi Pusparini Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.36420/partisipatif.v3i2.416

Keywords:

WH Question, Sepaking, Media Snake and Leader

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sudah digunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari. Setiap orang disadari atau tidak suatu saat pasti akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Bagi banyak orang, berbicara menggunakan Bahasa Inggris adalah suatu ketakutan yang luar biasa layaknya berada di ujung usia. Kebanyakan orang merasa sangat gugup ketika berbicara menggunakan Bahasa Inggris karena mereka berpikir takut melakukan kesalahan misalnya dalam pronunciation atau grammar. Banyak hal yang harus dikuasai untuk dapat berbicara menggunakan Bahasa Inggris yang baik. Penguasaan pengucapan yang benar, penggunaan tata bahasa yang tepat, dan penguasaan kosakata. Selain itu keberanian dan percaya diri juga merupakan hal yang harus dikuasai.

SMA Al-Miftah Palengaan Pamekasan kelas kelas X Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris mempunyai 30 siswa. Siswa di sekolah ini mempunyai kemampuan speaking yang masih kurang. Mereka terlihat sangat grogi dan tidak percaya diri ketika berbicara menggunakan Bahasa Inggris, bahkan kadang jawaban mereka terbata-bata atau terputus-putus sehingga jawaban yang diberikan tidak dapat ditangkap jelas. Siswa kurang keberanian dan kurang percaya diri, bahkan mereka merasa malu untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Dengan latar belakang itulah maka tim pengabdi melakukan pengabdian berupa pelatihan Speaking dengan Metode Guided Word Questions menggunakan metode Snake and Leader kepada SMA Al-Miftah Palengaan Pamekasan . Metode Guided Word Questions dapat membantu siswa untuk mengemukan ide-ide/pendpendapat-pendapat dengan leluasa. Metode ini juga membantu siswa untuk membangun rasa percaya diri. Metode ini lebih menyenangkan dan intreraktif dengan bantuan media snake and leader sehingga membuat pelatihan speaking menjadi lebih enjoyable. Siswa belajar sambil bermain sehingga bisa menciptakan atmosfer kelas yang enjoyable, interaktif, dan komunikatif. Hal ini membuat siswa menjadi lebih berani dan percaya diri untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris. Dengan metode Giuded Word Questions dan media Snake and Leader, siswa dapat mengurangi anxiety, nervous, dan feeling shy, bahkan siswa bisa membangun  high self-confidence.

References

Bachorowski, Jo-Anne. 2011. Vocal Expression and Perception of Emotion.Tennessee: Department of Psychology, Vanderbilt University

Barbara Diggs-Brown (May 15, 2011). Strategic Public Relations: Audience Focused Practice,

st ed.: An Audience-focused Approach. Cengage Learning. Diakses pada 29 Februari 2016) Bonano, Gilda. 2009. Body Language Mistakes: Gestures, Movement, Posture & Facial

Expressions. Stamford, CT and Florham Park, NJ: Confidence. Influence. Success. (Diakses pada 29 Februari 2016. http://www.gildabonanno.com/Pages/BodyLanguageMistakes.aspx )

Cutlip, Scott (1994). The Unseen Power: A History of Public Relations. Lawrence Erlbaum Associates. ISBN 0-8058-1464-7.

Egan, Ellen. 2010. How does body language affect public speaking?. US: My Public Speaking Skill (Diakses pada 29 Februari 2016) http://mypublicspeakingskills.com/talkingpoints/165/how-does-body-language-affect- public-speaking/ )

Graham, Robert. 2006. The Voice Is Mightier Than The Pen: Making the Most of Your Speaking Voice. US: My Public Speaking Skill (Diakses pada 29 Februari 2016) http://mypublicspeakingskills.com/talkingpoints/165/how-does-body-language- affect-public-speaking/ )

Krishnamurthy Sriramesh; Dejan Vercic (September 10, 2012). The Global Public Relations

Handbook, Revised Edition. Routledge. p. 994. ISBN 978-1-135-84554-4. Retrieved July

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Listyowati, R., Rohaniyah, J. ., Mohsi, M., Hanna, I. D. ., & Pusparini, D. . (2023). PELATIHAN SPEAKING DENGAN METODE GUIDED WORD QUESTIONS MENGGUNAKAN MEDIA SNAKE AND LADDER BAGI SISWA SMA AL-MIFTAH JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS. PARTISIPATIF: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 1–24. https://doi.org/10.36420/partisipatif.v3i2.416

Issue

Section

Article