INOVASI DAN PROMOSI UNIT USAHA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN

Authors

  • Mupti al umam IDIA Al-Amien
  • Dumyati Dumyati Institut Dirosah Islamiyah Al-Amien Prenduan
  • Rahmat fajar Al-qusyairi JNZ Institut Dirosah Islamiyah Al-Amien Prenduan
  • Holilur Rahman Institut Dirosah Islamiyah Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.36420/eft.v4i01.446

Keywords:

Inovasi, Promosi, Lembaga, Pendidikan

Abstract

Inovasi dan promosi merupakan dua aspek penting dalam pengembangan unit usaha dan lembaga pendidikan. Inovasi dapat membantu meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan, sementara promosi dapat membantu memperkenalkan produk atau layanan tersebut kepada masyarakat luas. Inovasi dalam unit usaha dan lembaga pendidikan melibatkan pengembangan ide baru, metode, atau pendekatan yang dapat meningkatkan kualitas, efisiensi, dan relevansi produk atau layanan yang ditawarkan. Inovasi dapat mencakup pengembangan teknologi baru, perubahan dalam proses pengajaran, pengembangan kurikulum yang lebih relevan, atau penggunaan metode pembelajaran yang inovatif. Adapun tujun penelitian ini 1) untuk mengetahui konsep umum inovasi unit usaha dan lembaga pendidikan, 2) untuk mengetahui konsep umum promosi unit usaha dan lembaga pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dalam usaha untuk mengungkap suatu masalah atau peristiwa sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya Inovasi produk adalah suatu usaha yang dijalankan perusahaan untuk menciptakan produk baru yang bertujuan untuk menyesuaikan dengan selera konsumen dan dapat meningkatkan penjualan. Sedangkan inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru, dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada sebelumnya), serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan

References

Rahardjo, M. Dawam. "Menuju Sistem Perekonomian Indonesia." (2009).

Suryana, Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2010).

Iwan Kuswandi dan Akhsanul In’am, Kontruksi Pesantren Transformatif Sebuah Ijtihad Kiyai pesantren, Ach. Nurholis Majid. (Bantul: Mata Kata Inspirasi, 2021).

Rohman Abdul, “Strategi Promosi PT BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pemekasan dalam menarik Minat” (Institut DirosatIslamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep Madura, 2022).

Muhammad, Penelitian Ekonomi Islam (Depok: Rajagrafindo, 2013).

El Qaderie Muhammad Rusli Hisyam, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Berorientasi Praktis (Prenduan sumenep: Paramadani, t.t.)

Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1993).

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, (Yogyakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004).

Sutarno, Serba-Serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016.

Kusumo. Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran). Jakarta: Kencana, 2018.

Udin Syaefudin Sa’ud, Inovasi Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2012).

Andini Lulu Oktavia, “Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Starcross Bandar Lampung” (Skripsi, Informatics & Business Institute Darmajaya Bandar Lampung, 2020).

Muhaimin, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2010).

J.Paul Peter, & Jerry C.Olson.. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran, (Jakarta: Salemba Empat. 2013).

Wijaya, Davis, Pemasaran Jasa Pendidikan, (Jakarta: Salemba Empat 2012).

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

al umam, M., Dumyati, D., Al-qusyairi JNZ, . R. fajar ., & Rahman, H. . (2024). INOVASI DAN PROMOSI UNIT USAHA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 4(01), 9–19. https://doi.org/10.36420/eft.v4i01.446

Issue

Section

Articles